Hadapi Masa Pandemi, Penderita Diabetes Harus Lakukan ini

15 Juni 2022 17:25 WIB
Ilustrasi diabetes
Ilustrasi diabetes ( kompas.com)

Sonora.ID - Di Tengah pandemi saat ini, penderita diabetes menjadi salah satu kelompok rentan yang kemungkinan bisa mengalami gejala sedang hingga parah jika tertular Covid-19.

Terlebih di tengah masa transisi pandemi menuju endemi seperti sekarang ini, mulai banyak masyarakat yang abai dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Dilansir dari Kompas.com, I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM, Spesialis Penyakit Dalam - Konsultan Endokrinologi Metabolik Diabetes Eka Hospital Bekasi menyarankan beberapa tips berikut ini yang dapat diterapkan agar penderita diabetes bisa melalui masa transisi Covid dengan tubuh yang sehat.

Baca Juga: Rela Investasi Habis Buat Beli Obat? Diabetes Angkat Kaki Cuma dengan Bumbu Dapur!

  1. Kontrol gula darah

Memeriksa kadar gula darah secara rutin dan berkala dapat menjadi aktivitas yang bisa mendukung kondisi kesehatan pasien diabetes.

Dengan mengontrol gula darah, pasien diabetes dapat mengetahui tinggi rendahnya kadar gula darah untuk mencegah berbagai kemungkinan komplikasi.

"Mengontrol gula darah tergantung target yang ditentukan oleh dokternya. Ketika disarankan oleh dokter kontrol tiga bulan sekali, maka lakukan kontrol ke dokter," ungkap dokter Adhiarta.

  1. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dianjurkan bagi pasien diabetes. Lebih lanjut, kata dokter Adhiarta, olahraga tak cuma bermanfaat dalam membakar lemak dan juga gula.

Tapi sekaligus bisa menurunkan berat badan. Secara tidak langsung, manfaat itu bisa mengurangi risiko obesitas dan komplikasi penyakit lainnya.

"Olahraga yang dianjurkan tentu olahraga yang tidak mengandalkan tumpuan kaki. Seperti yoga itu bagus," sambung dia.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm