Sonora.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil memenangkan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) pada acara yang digelar untuk keempat kalinya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) ini.
Kemendikbudristek berhasil memenangkan Piala Anggakara Birawa sebagai salah satu dari 17 Instansi Pengelola Pengaduan Terbaik, Kategori Aspek Keberlanjutan, Konektivitas, dan Dampak Terbaik.
Selain itu, Kemendikbudristek juga mendapat piagam penghargaan sebagai salah satu dari 30 Peserta Terbaik Kategori Instansi Pemerintah (IP) Umum.
Baca Juga: Kampus dan Industri Ajak Praktisi Sukseskan Terobosan Merdeka Belajar Episode ke-20
Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti dalam keterangan tertulisnya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian PAN-RB atas apresiasi yang diberikan kepada Kemendikbudristek.
Menurutnya, pelayanan pengaduan publik merupakan bagian dari bentuk pelibatan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan yang makin akuntabel guna memastikan tercapainya tujuan Merdeka Belajar.
"Terima kasih atas penghargaan ini. Semoga kami bisa semakin baik melayani aduan masyarakat," ucapnya setelah menerima penghargaan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta (16/6).
Suharti menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi para petugas layanan di Kemendikbudristek untuk meningkatkan layanan publik.
“Selamat. Penghargaan ini untuk kita semua. Pastikan pengaduan yang diterima dari masyarakat kita tindaklanjuti. Tidak hanya menindaklanjuti saat itu, tetapi jika itu terkait dengan perbaikan sistematis perlu tindak lanjut sistemnya atau regulasinya," pesan Sesjen Suharti.