Punya Teman TBC Gak Boleh Diajak Makan Bareng? Dokter: Aman Asal…

20 Juli 2022 09:00 WIB
Waspadai penyakit TBC dari batuk yang dialami.
Waspadai penyakit TBC dari batuk yang dialami. ( The Hyfe Blog - Hyfe App)

Sonora.ID - Tuberkulosis atau yang dikenal dengan sebutan TBC adalah penyakit yang berasal dari gangguan pada sistem pernapasan khususnya pada bagian paru, penyakit ini turut menjadi sorotan setelah munculnya Covi-19.

Pasalnya, Covid-19 juga menyerang organ yang sama, sehingga kedua penyakit ini kerap dianggap sebagai penyakit yang mirip dengan cara pencegahan yang sama juga.

Memiliki gejala atau tanda yang memang mirip dengan Covid-19, TBC memang adalah penyakit yang sama berbahayanya dengan penyakit yang menjadikan Indonesia dalam status pandemi selama bertahun-tahun lamanya.

Penyakit TBC disebabkan oleh kuman, sehingga orang yang bisa menderita penyakit tersebut adalah mereka yang tidak atau kurang memiliki daya tahan tubuh yang baik, layaknya Covid-19 yang disebabkan oleh virus.

Beberapa masyarakat Indonesia yang tinggal atau berada dalam satu lingkungan dengan orang yang menderita TBC, biasanya menghindari sharing makanan atau minuman dengan orang tersebut.

Bahkan ada juga yang menghindari pemakaian alat makan yang sama dengan penderita TBC.

Melihat hal dan teori itu, dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menjelaskan bahwa, berbagi makanan dan minuman dengan pasien TBC tidak menyebabkan penyebaran atau penularan penyakit TBC tersebut.

“Sebetulnya kalau berbagi alat makan, tidak berpotensi menularkan TB, kecuali kalau makanannya kena batuk si penderita TB tersebut,” jelas dr. Santi.

Baca Juga: Kisah Kader Tuberkulosis (TB) di Makassar, Dampingi Penderita Sampai Sembuh

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm