Cacar Monyet Ditemukan di DKI, Kemenkes: Penyakit Ini Tidak Terlalu Berat

22 Agustus 2022 11:45 WIB
Ilustrasi cacar monyet
Ilustrasi cacar monyet ( kompas.com)

Sonora.ID - Belum tuntas dengan pandemi Covid-19, baru-baru ini WHO mengumumkan bahwa penyakit cacar monyet tengah menyerang beberapa bagian dunia, hingga kasus tersebut masuk ke Indonesia, ditemukan pada pria usia 27 tahun.

Dikutip dari Kompas.com, pada Sabtu, 20 Agustus 2022 yang lalu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Muhammad Syahril menyatakan bahwa terkonfirmasi satu pasien dari DKI Jakarta yang terpapar penyakit yang satu ini.

Diketahui bahwa pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Pasien sebelumnya mengalami gejala demam tinggi pada 14 Agustus dan mengalami pembesaran kelenjar limfe, kemudian pasien juga mengalami munculnya bercak cacar pada tubuhnya.

“Ada cacarnya di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian alat genitalia,” sambungnya.

Di sisi lain, dalam program Sapa Indonesia Pagi seperti yang dikutip dari Kompas.TV, pihaknya menegaskan bahwa kondisi yang satu ini cenderung adalah penyakit yang tidak terlalu berat, artinya tidak menyebabkan kematian.

Syahril menyebut, penyebaran cacar monyet atau monkeypox juga terbilang tidak terlalu tinggi.

“Cacar monyet ini penyakit yang tidak terlalu berat dan penyebarannya tidak terlalu tinggi. Kecenderungan untuk bisa sembuh sendiri juga tinggi dan angka kematiannya kecil. Tetapi tetap harus waspada, apalagi dilihat dari efek yang ditimbulkan kurang nyaman,” tegas Syahril.

Berbeda dengan Covid-19 yang memiliki tingkat penyebaran tinggi bahkan bisa menular bersentuhan atau kontak fisik, cacar monyet hanya bisa terjadi ketika ada kontak langsung.

Baca Juga: Kemenkes Umumkan Kasus Pertama Monkeypox, Banjarmasin Waspada!

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm