Sonora.ID – Seperti yang kita tahu, sebelum melamar pekerjaan, ada beberapa dokumen penting yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu.
Misalnya seperti CV, cover letter, dan portofolio, dokumen-dokumen inilah yang nantinya akan menjadi pertimbangan perusahaan untuk mempekerjakan calon karyawan.
Nah, saat hendak resign dari sebuah perusahaan, ada juga beberapa dokumen yang perlu kamu urus sebelum mulai melamar ke perusahaan baru lagi.
Salah satunya adalah surat referensi kerja. Surat referensi kerja adalah surat yang ditulis oleh tempat kerja di mana kamu bekerja sekarang atau sebelumnya.
Surat yang biasanya ditulis oleh HRD ini tujuannya untuk mengonfirmasi bahwa kamu adalah seorang karyawan atau mantan karyawan yang pernah bekerja di perusahaan itu.
Baca Juga: 3 Contoh Motivation Letter yang Baik dan Benar, Kunci Sukses Mendapatkan Beasiswa!
Tak hanya itu, surat referensi kerja juga menerangkan jabatan, kinerja, dan perilaku mantan karyawan dalam jangka waktu tertentu.
Jadi, dengan adanya surat itu nantinya bisa dipergunakan untuk melamar di perusahaan lain. Serta dapat meyakinkan HRD dengan melihat riwayat kerja kamu sebelumnya.
Fungsi surat referensi kerja
1. Contoh surat referensi kerja
(Kop Perusahaan)