Sonora.ID - Ada banyak alasan bagi Anda ketika ingin mengundurkan diri dari kantor tempat kamu bekerja.
Bisa jadi pekerjaan yang semakin banyak dan tidak sesuai dengan honor yang kamu dapatkan, atau tidak ada kemajuan karier hingga ingin memilih tempat kerja yang dekat dari rumah.
Tidak ada salahnya untuk mengundurkan diri dari kantor, namun kamu harus tetap melakukannya dengan protokol dan ketentuan yang berlaku.
Salah satu aturan saat hendak mengundurkan diri atau resign dari kantor adalah membuat surat penngunduran diri atau surat resign yang nantinya ditujukan kepada atasan.
Jika kamu bingung seperti apa contoh surat resign, berikut Sonora.ID rangkum sejumlah contoh surat resign yang bisa dijadikan referensi:
Baca Juga: Contoh Majas Personifikasi, Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-Cinya
Sebelum membuat surat resign ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.
1. Tentukan waktu yang tepat untuk berbicara langsung kepada atasan
Sebisa mungkin, ungkapkan keinginanmu untuk mengundurkan diri kepada atasan dengan langsung dan empat mata, bukan lewat telephone atau chat.
Hal ini karena kamu akan dinilai lebih sopan dan lebih formal. Tak hanya itu, ini juga akan memberikan kesan baik meski kamu akan meninggalkan kantor.
2. Pikirkan juga One Month Notice
Sudah bukan hal aneh ketika karyawan resign mereka akan diberikan one month notice. Hal itu digunakan kantor sebagai waktu untuk mencari karyawan pengganti.
3. Periksa Kebijakan Resign
Setiap perusahaan punya kebijakan pengunduran diri yang berbeda-beda, termasuk waktu pengunduran diri.
Ada juga yang memiliki kebijakan pesangon dan uang cuti yang bisa didapatkan karyawan yang resign.
Sebisa mungkin, berikan informasi jauh-jauh hari sebelum resign dari tempat Anda bekerja.
Baca Juga: Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier, Lengkap dengan Penjelasan
Format dan Isi Surat Resign
- Nama kota dan tanggal
- Nama perusahaan dan alamat perusahaan