Sonora.ID – Dalam mengerjakan suatu tugas khusus, ada kalanya para pekerja membutuhkan surat tugas resmi sebagai bukti penugasan resmi dari perusahaan.
Surat tugas adalah jenis surat resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh pejabat instansi atau lembaga tertentu dengan tujuan menugaskan seorang pegawai atau karyawan untuk melakukan suatu pekerjaan.
Penyusunan dan penandatanganan surat tugas dilakukan oleh pejabat yang berwenang berdasarkan pada lingkup tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya.
Surat Tugas disampaikan kepada yang mendapat tugas. Tembusan disampaikan kepada pejabat/instansi yang terkait.
Adanya surat tugas perusahaan ini juga dapat diartikan sebagai suatu keterangan jika pihak pertama berhalangan hadir sehingga memberi mandat kepada pihak kedua untuk mewakili keberadaannya.
Baca Juga: 3 Contoh Surat Referensi Kerja yang Profesioan dan Menunjang Karier!
Meskipun terkadang surat ini digunakan untuk kepentingan internal, tetapi surat tugas termasuk dalam jenis surat dengan kop surat resmi.
Oleh sebab itu, surat ini harus dibuat secara resmi untuk mengesahkan penerimanya dalam menjalankan perintahnya tersebut.
Lantas bagaimana contoh surat tugas resmi untuk berbagai jenis keperluan?
Yuk simak, contoh surat tugas resmi untuk berbagai jenis keperluan yang sudah Sonora.id rangkum berikut ini.
Format surat tugas