Wagub Ria Norsan Optimis Kafilah Kalbar Masuk 10 Besar MTQ Tingkat Nasional ke-XXIX

13 Oktober 2022 12:20 WIB
Kafilah Kalbar pada MTQ Tingkat Nasional ke-XXIX, pada Rabu malam (12/10)
Kafilah Kalbar pada MTQ Tingkat Nasional ke-XXIX, pada Rabu malam (12/10) ( Adpim Kalbar)

Pontianak, Sonora.ID - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, optimis kafilah dari Kalbar bisa mencapai peringkat sepuluh besar pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-XXIX, yang digelar di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

“Mudah-mudahan kafilah Kalbar bisa masuk 10 besar nasional dimana sebelumnya masuk 9 besar. Kita harapkan bisa masuk 5 atau 6 besar nasional sesuai dengan keinginan Bapak Gubernur," ucapnya.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin, yang membuka kegiatan MTQ Tingkat Nasional ke-XXIX, pada Rabu malam (12/10). 

Ma’ruf Amin berharap, pelaksanaan MTQ tidak hanya menjadi acara seremonial, namun juga menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis.

Baca Juga: Dilepas Gubernur Kalsel, Pawai Ta'aruf MTQ Nasional Disaksikan Ribuan Massa

“Saya mengharapkan MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Qur’an, tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al Qur’an," ujarnya.

Selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah, MTQ diharapkan bisa meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, selain sebagai ajang perlombaan untuk menjadi juara, momen ini juga baik untuk menjadi forum memperkuat tali silaturahmi antar umat.

“Saya optimis, Musabaqah Tilawatil Qur’an dapat terus dilaksanakan dalam rangka memperkokoh silaturahim dan kebersamaan, sehingga dapat bersinergi membangun keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju,” ungkapnya,

Bertemakan “Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur’ani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”, Wapres mengapresiasi tema yang dinilai sesuai dengan kondisi Indonesia yang majemuk.

“Al Qur’an harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa,” tuturnya.

Baca Juga: Gubernur Sutarmidji Harap Kafilah Kontingen Kalbar Perbaiki Peringkat di MTQ Tingkat Nasional ke XXIX

Menutup sambutan, Wapres berpesan agar seluruh peserta MTQ bisa terus mengasah serta memperkuat keimanannya melalui jalur formal dan nonformal.

“Saya berpesan agar para peserta MTQ tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al Qur’an, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal,” pesan Wapres.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm