7 Simbol Bahan Kimia Berbahaya dan Artinya, Dilengkapi Gambar

17 Oktober 2022 17:20 WIB
Ilustrasi simbol bahan kimia berbahaya dan artinya.
Ilustrasi simbol bahan kimia berbahaya dan artinya. ( Pixabay/Arek Socha)

Sonora.ID - Kenali sejumlah simbol bahan kimia berbahaya dan artinya berikut ini. Agar kamu lebih paham, perhatikan pula gambar yang disertakan.

Dikutip dari Pintar Provinsi Jateng, simbol bahaya umumnya digunakan saat memberi label pada bahan berbahaya sesuai dengan Peraturan tentang Bahan Berbahaya (Ordinance on Hazardeous Substances).

Ordinance on Hazardeous Substances merupakan sebuah aturan untuk melindungi atau menjaga bahan-bahan berbahaya, terutama di bidang Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH).

Simbol ini dibuat dengan alasan diperlukannya simbol khusus yang bersifat universal untuk membedakan antara bahan kimia berbahaya dengan bahan kimia yang tidak berbahaya, demikian penjelasannya diketahui lewat laman Pemadam Kebakaran Provinsi Aceh.

Baca Juga: 8 Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari, Lengkap dengan Penjelasannya

Arahan Ordinance on Hazardeous Substances valid di semua bidang, area dan aplikasi, lingkungan, perlindungan konsumer, dan juga kesehatan manusia.

Adapun sejumlah simbol bahan kimia berbahaya dan artinya dilengkapi dengan gambar yakni sebagai berikut.

1. Toxic (beracun)

Ilustrasi simbol bahan kimia berbahaya toxic (berbahaya).

Bahan dan formulasi yang ditandai dengan notasi bahaya toxic dapat menyebabkan kerusakan kesehatan akut atau kronis dan bahkan kematian pada konsentrasi sangat tinggi jika masuk ke tubuh melalui inhalasi, melalui mulut (ingestion), atau kontak dengan kulit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm