Sonora.ID - Berikut ini adalah contoh susunan acara rapat yang bisa dijadikan referensi lengkap dengan penjelasannya.
Ketika hendak melakukan rapat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya mengenai apa saja yang ingin dibicarakan.
Susunan acara rapat merupakan rincian atau penjabaran lebih lanjut dari topik-topik dalam agenda rapat.
Acara harus disusun secara sistematis dengan membuat pokok-pokok acara secara garis besar.
Hal ini karena susunan acara berfungsi sebagai suatu media untuk meluruskan jalannya suatu pertemuan atau rapat.
Baca Juga: Susunan Acara Pernikahan Mulai Akad hingga Resepsi, Lengkap!
Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Susunan Acara Rapat
Dalam Buku Otomatisasti Tata Kelola Humas dalam Keprotokolan SMK/MAK Kelas XII oleh Tuginem dan Ratna Trisiyani (2021), ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk membuat susunan acara rapat, yaitu:
1. Hal utama yang harus diperhatikan yaitu jenis acara. Jenis acara yang bagaimana yang akan kita buat susunan acaranya karena setiap acara atau kegiatan itu susunan acaranya berbeda-beda.
2. Hal kedua yang harus diperhatikan yaitu bentuk acaranya. Sebelum membuat susunan acara terlebih dahulu kita harus mengetahui bentuk acaranya akan dikemas seperti apa, formalkah atau nonformal. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan susunan acara itu erat kaitannya dengan materi acara, bentuk acara dan persiapan sarana dan propertinya.