Sulit Beranjak dari Tidur? Bisa Jadi Gejala Clinomania, Apa Itu?

26 Oktober 2022 18:00 WIB
 ilustrasi Clinomania
ilustrasi Clinomania ( Pixabay)

Sonora.ID - Sebagian orang ada yang pernah merasa sulit untuk beranjak dari tidur. Bukan sekedar malas, mungkin bisa jadi itu adalah gejala clinomania.

Berbeda dengan malas, seseorang yang mengalami gejala clinomania biasanya merasa ketakutan dalam menjalani aktivitas sehari – hari. Kondisi tersebut sering terjadi jika mereka memiliki kesehatan mental yang kurang baik, seperti depresi atau bisa juga gangguan kecemasan.

Jika dibiarkan, clinomania ini akan mengganggu kesehatan mental dan fisik.

Mengingat dampak negatifnya, mengenali gejala clinomania sangatlah penting.

Baca Juga: Kualitas Tidurmu Buruk? Berikut Ini 5 Cara Atasi Hypnic Jerk!

Mengenal Clinomania 

Hal utama yang paling membedakan antara gejala clinomania dengan rasa malas biasa adalah hal yang terlintas dipikiran ketika pertama kali bangun.

Orang dengan clinomania, saat pertama kali membuka mata yang terpikirkan adalah rasa takut, lelah, tertekan, frustasi, dan banyak gejala yang tidak menyenangkan lainnya.

Dalam kesehatan mentalnya, seseorang mengalami gejala clinomania terkadang menutup dirinya sendiri dari dunia dan berakhir depresi, jika semakin parah dapat menimbulkan keinginan untuk mengakhiri hidupnya.

Selain mengganggu kesehatan mental, gejala clinomania juga berbahaya. Secara fisik, kondisi tidur terlalu lama dapat mengakibatkan resiko datangnya penyakit seperti penyakit jantung, stroke, bahkan kematian.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm