Kalbar Raih 2 Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional

17 November 2022 11:35 WIB
Foto bersama pada penyerahaan penghargaan apresiasi Bunda PAUD
Foto bersama pada penyerahaan penghargaan apresiasi Bunda PAUD ( Adpim Kalbar)

Pontianak, Sonora.ID - Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan 2 penghargaan dari Kemendikbud Ristek dan Dikti Republik Indonesia dengan kategori Wiyata Dharma Madya yang diberikan kepada Bunda PAUD Provinsi Kalbar, Lismaryani, dan kategori Wiyata Dharma Utama diberikan kepada Bunda PAUD Kabupaten Sanggau, Arita Apolina.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Pokja Regulasi dan Tata Kelola Satuan Pendidikan Direktorat PAUD, Muhammad Ngasmawi.

Pemberian apresiasi Bunda PAUD ini merupakan upaya untuk merekognisi dan mengakselerasi peran Bunda PAUD dalam menggerakkan penyediaan layanan PAUD melalui Apresiasi Bunda PAUD.

Pada kesempatan ini, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan dari Kemendikbud Ristek dan Dikti Republik Indonesia. Diharapkan Bunda PAUD lebih aktif dalam memajukan segala aspek PAUD di Provinsi Kalbar.

 Baca Juga: Komisi Nasional Disabilitas Amanatkan Pemprov Kalbar Bangun Rumah Singgah

"Kedepannya, kita harus memberikan perhatian lebih serius kepada tumbuh kembang anak, terutama usia anak 6 tahun kebawah karena perkembangan PAUD akan penting dalam mempersiapkan Generasi Emas," ucapnya saat memberikan sambutan pada acara

Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dan Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD
Tingkat Nasional Tahun 2021 di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (16/11).

Dalam mempersiapkan Generasi Emas, lanjutnya, anak-anak harus diajari menumbuhkan
kearifan lokal, karena kearifan lokal dapat memudahkan komunikasi antara orang tua dan anak serta memajukan anak itu sendiri.

"Contohnya seperti mengajari atau menyemangati anak untuk mau makan ikan, jangan ditakuti-takuti anak untuk makan ikan. Ikan sangat bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan, ini yang harus kita terapkan. Selain ikan, berikan susu karena tidak hanya berdampak pada kecerdasan otak, melainkan dapat meningkatkan imunitas pada anak tersebut. Dua hal ini jika digerakkan Insya Allah akan melahirkan generasi-generasi yang sangat hebat dan SDM yang baik dan juga memperkuat imunitas pada tubuh," pesan Sutarmidji.

Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD Provinsi Kalbar, Lismaryani, menyampaikan rasa syukurnya kepada Provinsi Kalbar dan Kabupaten Sanggau yang telah dapat meraih
Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD.

"Alhamdulillah kita meraih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD, sedangkan Kab/Kota dari 514 Kab/Kota dan hanya 14 Kab/Kota seluruh Indonesia yang berhasil mendapatkannya yakni Kabupaten Sanggau," ucapnya.

Keberhasilan dalam menyabet Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD, Lismaryani mengaku
sering berkoordinasi bersama Bunda PAUD Kab/Kota untuk kemajuan PAUD Kalbar.

"Karena mereka adalah Generasi Emas yang harus kita dukung dari sekolah, hingga kesehatan dan pengasuhannya. Jadi semua itu harus didahulukan untuk anak usia dini," tuturnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm