Mengenal 4 Contoh Interaksi Antar Individu Dalam Masyarakat

6 Desember 2022 17:35 WIB
Contoh Interaksi Antar Individu Dalam Masyarakat
Contoh Interaksi Antar Individu Dalam Masyarakat ( pixabay)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja contoh interaksi antar individu dalam masyarakat yang perlu diketahui.

Manusia sebagai makhluk sosial tak akan terlepas dengan namanya interaksi sosial dalam kehidupan mereka.

Baik interaksi antar individu, individu dan kelompok, dan antar kelompok. Semua interaksi yang terjalin itu akan muncul adanya kerjasama, saling membutuhkan, dan saling pengertian dalam mewujudkan kehidupan bersama.

Dilansir dari kompas.com, Interaksi merupakan kegiatan yang sudah pasti dilakukan oleh setiap makhluk hidup terutama manusia. Setiap harinya, jutaan manusia melakukan interaksi antar individu lainnya.

Lantas apa saja contoh interaksi antar individu dalam masyarakat tersebut? Dilansir dari kompas.com, simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: 6 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Ke Persatuan: Tema 4 Kelas 5 SD

  1. Saling menyapa

Contoh interaksi sosial antar individu yang pertama adalah saling menyapa. Meskipun terlihat singkat saja, tetapi saling menyapa adalah salah satu contoh interaksi sosial antar individu.

Seperti seorang teman sekolah yang tidak sekelas. Mereka bertemu di koridor kelas dan hendak menuju kantin. Ketika kedua teman sekolah ini saling menyapa, maka interaksi sosial sudah terjadi. Meskipun tidak ada kelanjutan dari saling menyapa tersebut.

  1. Berjabat tangan

Contoh interaksi sosial antar individu yang kedua adalah berjabat tangan. Interaksi sosial ini juga sering tidak disadari oleh banyak orang. Sebab, terkadang seseorang hanya berjabat tangan tanpa menyampaikan sepatah kata saja.

Contohnya seperti seorang guru yang biasa menunggu dan menyambut muridnya di gerbang sekolah pada pagi hari. Biasanya guru tersebut hanya berdiri dan menyambut murid yang datang dengan berjabat tangan saja.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm