Sonora.ID – Para pekerja kantoran pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan Microsoft Excel.
Microsoft Excel merupakan software pengolah data milik Microsoft yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan terkait pengelolaan data.
Excel memiliki banyak sekali fitur yang membantu mempermudah mengolah data dengan menggunakan rumus, perhitungan dasar, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data.
Nah, salah satu fungsi yang berguna dalam Excel adalah fungsi VLOOKUP. VLOOKUP adalah singkatan dari ‘Vertical Lookup’.
Fungsi VLOOKUP adalah fungsi Excel untuk mencari data dalam tabel yang disusun secara vertikal.
Baca Juga: Rumus Terbilang Excel dan Cara Mengubah Angka Jadi Huruf
LOOKUP mendukung perkiraan dan pencocokan tepat, dan karakter pengganti (* ?) untuk pencocokan sebagian.
Nilai pencarian harus muncul di kolom pertama tabel yang diteruskan ke VLOOKUP.
Lantas bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP Excel? Berikut penjelasan rumus VLOOKUP contoh dan cara menggunakannya.
rumus VLOOKUP contoh dan cara menggunakannya
Sebelum menerapkan cara menggunakan VLOOKUP beda sheet di Excel, kamu perlu mengetahui rumus lengkap dan keterangan per bagiannya.