PLN Bangun Sistem Kelistrikan Interkoneksi Kalimantan

12 Desember 2022 10:05 WIB
Narasumber Media Gathering PLN Group  2022 yang Berlokasi di Kantor  Pembangkit Listrik Tenaga UAP (PLTU) Bengkayang.
Narasumber Media Gathering PLN Group 2022 yang Berlokasi di Kantor Pembangkit Listrik Tenaga UAP (PLTU) Bengkayang. ( Sonora FM Pontianak/ William)

Pontianak, Sonora.ID - Dalam mewujudkan transformasinya PLN akan menjelma menjadi menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND. 

Saat ini secara utuh meskipun PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Kalimantan (UIKL) mengelola pembangkit listrik sekalimantan namun secara sistem antara Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah belum terkoneksi. 

“Secara utuh sistem kelistrikan di Kalimantan, meskipun kami mengelola sekalimantan, namum belum tersambung sistem antara Kalbar, Kalsel, Kaltim dan Kalteng, “  tegas General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Kalimantan (UIKL), Abdul Salam Nganro, pada saat temu awak media, Jumat (09/12). 

Baca Juga: PLN Selalu Sigap Jawab Keluhan Pelanggan Lewat PLN Mobile

Diharapkan nantinya sistem kelistrikan di Kalimantan akan menjadi sistem interkoneksi dimana saat ini PLN masih berjuang dalam membangun transmisinya sehingga tujuan tersebut akan tercapai. 

Abdul Salam mengatakan jika sistem itu terhubung maka pembangkit – pembangkit yang murah akan masuk ke Local System sehingga dapat mendapatkan biaya penyediaan yang lebih murah.

“Bisa saja misalnya potensi energi yang murah ada di Kalimantan Utara yang punya potensi air, atau di Kalimantan Selatan  dengan potensi PLTB nya. Maka ketika itu semua terhubung kita akan ramu dan alokasikan sesuai dengan biaya produksi yang murah sehingga kita akan mendapatkan biaya penyediaan listrik yang murah, “ tambahnya. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm