30 Ucapan Selamat Hari Raya Galungan 2023: Semoga Penuh Keberkahan!

4 Januari 2023 05:30 WIB
Ucapan Selamat Hari Raya Galungan 2023.
Ucapan Selamat Hari Raya Galungan 2023. ( Kompas)

Sonora.ID - Di tahun 2023 ini Hari Raya Galungan serentak dirayakan oleh umat Hindu pada tanggal 4 Januari dan 2 Agustus nanti.

Galungan merupakan sebuah wujud perayaan kemenangan dharma atau kebaikan atas adharma atau kejahatan yang dirayakan setiap enam bulan Bali (210 hari), yakni pada hari Budha Kliwon Dungulan atau Rabu Kliwon wuku Dungulan.

Dalam hal ini kemenangan tersebut dirayakan sebagai ungkapan kegembiraan serta syukur kepada Sang Hyang Widhi Wasa.

Sementara itu, yang dimaksud dengan kejahatan merupakan sifat buruk yang ada di dalam diri manusia.

Berikut ini pun kumpulan ucapan Selamat Hari Raya Galungan Tahun 2023 yang dapat Anda sampaikan kepada teman maupun kerabat yang merayakannya.

Baca Juga: Sejarah Hari Raya Galungan dan Kuningan, Memaknai Kemenangan Kebenaran Melawan Kejahatan

Ucapan Selamat Hari Raya Galungan Tahun 2023

  • Selamat memperingati Hari Suci Galungan. Di hari yang penuh dharma ini, mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat, agar bumi jauh dari mara bencana.
  • Selamat Hari Suci Galungan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini.
  • Selamat Hari Suci Galungan. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua makhluk hidup.
  • Rahajeng nyanggra rahine Galungan. (Selamat menyambut Hari Suci Galungan)
  • Rahajeng nyanggra rahina Galungan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami. (Selamat menyambut Hari Suci Galungan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat dan anugerah kepada kita semua).
  • Rahajeng Rahina Galungan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring jagat sami. (Selamat Hari Suci, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan pada alam semesta ini).
  • Selamat merayakan Hari Suci Galungan, semoga dharma menang atas adharma.
  • Selamat Hari Suci Galungan, semoga Tuhan dan para leluhur selalu memberikan anugerah kepada kita semua.
  • Selamat Hari Suci Galungan, semoga makna kemenangan dharma atas adharma dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Rahajeng Rahina Galungan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring sekancan sane maurip. (Selamat Hari Suci Galungan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua makhluk hidup).
  • Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan lan Kuningan semeton titiang semuanya. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan. (Selamat menyambut hari raya alam semesta Galungan dan Kuningan kerabat saya semuanya. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan)
  • Selamat Hari Suci Galungan. Semoga kita bisa menemukan kerahayuan atas berkat Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
  • Selamat menyambut Hari Suci Galungan untuk umat Hindu di seluruh Indonesia. Saatnya kebaikan mengalahkan keburukan dan memberikan kedamaian untuk kita semua.
  • Selamat Hari Suci Galungan bagi sahabat dan saudaraku yang merayakan! Semoga kita semua selalu diberkahi anugerah dan kesejahteraan. 
  • Numbas pajeng ring Kedonganan, memargi nyambi numbas ajengan. Rahajeng Galungan lan Kuningan, dumogi iraga sareng sami nemu kerahajengan. (Membeli payung di Kedonganan, berjalan sambil membeli makanan. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga kita semua menemukan keberkahan)

Baca Juga: 12 Nama Hari Besar Keagamaan Hindu Berdasarkan Sasih dan Pawukon

  • Selamat Hari Suci Galungan kepada kita semua khususnya umat Hindu di mana pun kita berada.
  • Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Di hari yang baik ini mari kita selalu menyebarkan kebaikan kepada semua umat agar bumi ini menjadi ringan supaya jauh dari bencana.
  • Rahajeng Rahina Galungan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa mapaica kerahayuan lan kerahajengan sareng sami. (Selamat Hari Suci Galungan, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua).
  • Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan semeton titiang semuanya. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan. (Selamat menyambut hari suci alam semesta Galungan, kerabat saya semuanya. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan bagi kita semua).
  • Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat anugerah kepada kita semua.
  • Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua mahluk hidup.
  • Marep ring semeton Bali (Hindu) sami sane magenah ring Indonesia yadiapin di luar negeri. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa micayang kerahayuan. (Kepada kerabat Bali (Hindu) semua yang tinggal di Indonesia dan juga di luar negeri. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan)
  • Majeng ring semeton umat se-dharma maka sareng sami. Rahajeng rahina Galungan. Dumogi sangkaning paswecan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, iraga prasida nemoning kerahayuan. (Kepada para kerabat se-dharma semuanya. Selamat Hari Suci Galungan. Semoga dari keberkatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kita bisa menemukan kerahayuan).
  • Rahajeng nyanggra rahina Galungan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicen kerahajengan lan kerahayuan ring iraga sareng sami. (Selamat menyambut Hari Suci Galungan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keberkahan dan kerahayuan).
  • Rahajeng Galungan, dumogi iraga sareng sami nemu kerahajengan. (Selamat Hari Suci Galungan, semoga kita semua menemukan keberkahan).
  • Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicen kerahajengan lan kerahayuan ring iraga sareng sami. (Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keberkahan dan kerahayuan)
  • Rahajeng Rahina Galungan, majengring ida dane sareng sami, pamekasnyane umat sedharman ring dija ja magenah. (Selamat Hari Suci Galungan, kepada kita semua khususnya umat Hindu di mana pun berada). 
  • Lugrayang tiang nguncarang rahajeng nyanggra Galungan sane mangkin. Lan mangda karya iraga setata memargi becik. (Izinkan saya mengucapkan selamat menyambut Galungan saat ini. Dan semoga upacara kita selalu berjalan dengan baik)
  • Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua.
  • Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, kepada kita semua khususnya umat Hindu di manapun berada.

Baca Juga: 5 Tradisi yang Dilakukan Umat Hindu Saat Merayakan Hari Raya Galungan

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm