Contoh Artikel Opini Berbagai Tema, Singkat tapi Mudah Dipahami

5 Januari 2023 19:45 WIB
Ilustrasi contoh artikel opini.
Ilustrasi contoh artikel opini. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Contoh artikel opini tergolong sebagai salah satu materi populer di sekolah. Untuk mengetahui lebih jauh soal materi tersebut, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Secara umum, artikel dapat diartikan sebagai karya tulis yang berisi bahasan tentang sebuah topik, baik yang berupa fakta maupun opini.

Di artikel yang berbasis fakta, informasi yang terkandung di dalamnya didasarkan pada fenomena yang telah terjadi. Umumnya, artikel semacam ini ada pada berita dan produk jurnalisme secara umum.

Di sisi lain, pada artikel opini, informasi yang ada di dalam artikel mayoritas merupakan gagasan atau pendapat dari seseorang terkait fenomena atau topik tertentu.

Umumnya, artikel semacam itu ditulis oleh seorang pakar, ilmuwan, ataupun jurnalis.

Namun, secara umum, kedua jenis artikel di atas memiliki struktur yang sama, yakni tesis, argumentasi, dan penegasan ulang.

Bagian tesis adalah bagian yang berisi pernyataan utama atau inti informasi artikel. Setelah tesis disampaikan, artikel akan disertai dengan struktur argumentasi yang berisi informasi atau pendapat terkait fenomena atau pernyataan yang sedang dibahas dalam artikel.

Sementara yang terakhir, struktur artikel akan ditutup dengan penegasan ulang yang berfungsi untuk memperkuat struktur argumentasi.

Baca Juga: 17 Contoh Pemberdayaan Masyarakat dari Berbagai Bidang, Lengkap!

Di dalam artikel ini, Sonora hendak berfokus memaparkan contoh artikel opini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm