Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah: Ungkapan Mulia Untuk Menyanjung Allah SWT

7 Januari 2023 16:00 WIB
Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah.
Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah. ( Unsplash.com)

Sonora.ID - Sebagai umat Muslim tentu kita kerap mendengar berbagai ungkapan atau ucapan yang bertujuan untuk memuji atau menyanjung Sang Pencipta, yakni Allah SWT.

Salah satu ungkapan yang mungkin pernah Anda dengar adalah Ma Fi Qalbi Ghairullah. Apa sih arti ungkapan tersebut?

Ma Fi Qalbi Ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله) adalah ungkapan bahasa Arab yang sering diucapkan untuk meneguhkan hati.

Ungkapan ini memiliki arti bahwa ‘Tidak ada di dalam hatiku selain Allah SWT atau ‘Cukuplah Allah SWT yang ada di dalam hatiku.’

Baca Juga: Arti Al Malik dalam Asmaul Husna Lengkap dengan Penjelasan Dalilnya

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Ungkapan Ma Fi Qalbi Ghairullah menjadi wujud pengakuan seorang hamba yang selalu mengingat dan berharap hanya ada Allah SWT yang ada di dalam hatinya.

Dengan adanya ungkapan ini manusia disadarkan untukselalu tunduk dan patuh kepada Allah SWT dan membuang jauh-jauh segala hal yang bersifat duniawi lantaran hal tersebut hanyalah sebuah titipan.

Ungkapan ini pun menjadi bentuk penegasan iman seorang hamba kepada Allah SWT sehingga ia akan selalu mengingat serta melaksanakan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya di manapun ia berada.

Setiap Muslim yang memahami makna yang terkadung dalam ucapan ini tentu akan mengucapkan kalimat tersebut di dalam hati lalu mengaplikasikannya ke dalam tindakan yang sesuai.

Hal ini karena ucapan iman tentu belumlah cukup jika tidak diiringi dengan perbuatan amal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm