Pertanyaan untuk Calon Ketua Osis untuk Menilai Kepemimpinannya

9 Januari 2023 20:25 WIB
Ilustrasi pertanyaan untuk calon ketua OSIS.
Ilustrasi pertanyaan untuk calon ketua OSIS. ( Freepik)

Sonora.ID Pertanyaan untuk calon ketua OSIS tergolong penting diajukan guna mengukur seberapa jauh ia mampu memimpin organisasinya bila terpilih di kemudian hari.

Di sekolah, posisi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tergolong penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan penuh kreativitas bagi para siswa.

Pasalnya, lewat fungsi yang dimilikinya, OSIS dapat mencanangkan pelbagai program untuk memaksimalkan potensi dan bakat para siswa di sekolah.

Tak hanya itu, OSIS juga merupakan wadah yang tepat untuk mempelajari nilai-nilai kegotongroyongan, kerja sama, kekeluargaan, serta negosiasi atau interaksi dengan pihak lain.

Oleh sebab itu, wajar bila untuk menjadi pengurus, para siswa diharuskan melewati beberapa tahap seleksi terlebih dahulu.

Proses seleksi tersebut ditujukan untuk memastikan bahwa para siswa yang menjadi pengurus OSIS memang memiliki kapabilitas sebagaimana yang diharapkan, sehingga hasil kerja mereka pun akan maksimal.

Bila pengurus OSIS pada umumnya mesti memenuhi kriteria tertentu, maka kriteria dan syarat yang lebih serius tentu diperlukan bagi para calon ketua OSIS.

Di setiap sekolah, posisi ketua OSIS tentu amat penting. Sebab, ketua OSIS tak ubahnya merupakan wakil dari ratusan siswa yang perannya sangat berpengaruh terhadap hampir seluruh kegiatan kesiswaan yang ada di sekolah.

Baca Juga: Simak! 13 Contoh Kritik dan Saran Untuk Guru Paling Sopan dan Santun

Oleh sebab itu, salah satu keterampilan yang mesti dimiliki ketua OSIS adalah jiwa kepemimpinan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm