Sonora.ID – Berikut contoh surat keterangan kerja yang profesional beserta strukturnya.
Sesuai dengan namanya surat keterangan kerja berisi informasi atau tanda bukti bahwa yang bersangkutan memang bekerja di perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut.
Surat ini juga kerap dikenal dengan nama paklaring, atau surat rekomendasi yang diberikan di tempat kerja sebelumnya.
Karena bersifat resmi, surat keterangan kerja tidak dikeluarkan secara sembarangan.
Surat ini biasanya dikeluarkan oleh bagian HRD atau personalia sebagai bagian yang berwenang untuk mengeluarkannya.
Baca Juga: 3 Contoh Surat Referensi Kerja yang Profesioan dan Menunjang Karier!
Surat ini dapat diberikan kepada karyawan dalam berbagai situasi, baik ketika masih menjadi karyawan aktif maupun ketika sudah selesai masa tugasnya (resign atau PHK).
Fungsi dari surat keterangan kerja juga beragam, misalnya untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, dokumen pendukung untuk melamar pekerjaan baru, mengajukan beasiswa jalur profesional, dan pinjaman bank.
Berikut contoh surat keterangan kerja yang profesional beserta strukturnya.
Struktur Surat Keterangan Kerja
Layaknya surat keterangan resmi pada umumnya. Surat keterangan kerja perusahaan juga memiliki beberapa hal penting yang harus ada di dalamnya.