6 Cara Mengakrabkan Diri dengan Anak Remaja, Orang Tua Mesti Tahu!

6 Maret 2023 20:18 WIB
Ilustrasi cara mengakrabkan diri dengan anak remaja
Ilustrasi cara mengakrabkan diri dengan anak remaja ( kompas.com)

Sonora.ID - Sebagian orangtua pasti pernah mengalami kondisi ketika sang anak sudah mulai menjaga jarak seiring bertambahnya usia.

Pasalnya, ketika memasuki usia remaja, anak tidak mau disamakan dengan anak kecil.

Anak-anak akan cenderung memilih hidup lebih bebas di usia remaja. Namun pengawasan dari orangtua tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja, guna menghindari terjerumusnya sang anak dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh karenanya, orang tua juga harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan anak remaja.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara menjaga kedekatan antara orangtua dan anak remaja :

1. Awasi anak secara melekat mengawasi

Awasi anak-anak adalah tugas orang tua. Pengawasan anak bukan dilaksanakan saat mereka masih kecil saja. Justru saat anak-anak menginjak usia remaja semakin berat tugas orang tua dalam mengawasi. Mereka mudah sekali terpengaruh oleh banyak hal, utamanya yang negatif. Keinginan untuk mencoba pada usia tersebut sangat tinggi membuat mereka memiliki kebiasaan memberontak. Untuk mengantisipasi hal negatif ini dibutuhkan pengawasan yang melekat dari orangtua. Namun dalam batas kewajaran dan tidak boleh dilakukan dengan terang-terangan. Orangtua harus memiliki strategi khusus agar mereka tidak merasa tengah diawasi setiap saat. Sebab jika mereka tahu maka akan terjadi hal yang tak kita inginkan. Setidaknya anak-anak akan protes.

Baca Juga: 8 Cara Mengajari Anak Membaca dengan Cepat dan Efektif

2. Ajaklah selalu berkomunikasi

Remaja sangat membutuhkan teman. Banyak hal mereka lakukan bersama teman yang dianggapnya paling dekat. Saling sharing, curhat, bergurau, dan lainnya. Bahkan keakraban mereka terhadap kawan seringkali melebihi dengan keluarga sendiri.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm