Makna Kedaulatan Rakyat: Pengertian dan Contohnya

6 April 2023 13:58 WIB
ilustrasi Makna Kedaulatan Rakyat: Pengertian dan Contohnya
ilustrasi Makna Kedaulatan Rakyat: Pengertian dan Contohnya ( gramedia.com)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja yang menjadi makna kedaulatan rakya yang lengkap dengan pengertian dan contohnya.

Pengertian Kedaulatan Rakyat

Kedaulatan rakyat adalah konsep politik yang menggambarkan bahwa kekuasaan tertinggi dalam negara harus berasal dari rakyat.

Artinya, negara bukanlah entitas yang berdaulat, melainkan rakyat yang berdaulat. Konsep ini menekankan bahwa kebijakan politik harus didasarkan pada kehendak rakyat dan kepentingan umum.

Dalam konteks Indonesia, kedaulatan rakyat merupakan prinsip yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

Prinsip ini menjelaskan bahwa kekuasaan negara berada di tangan rakyat dan dijalankan secara demokratis melalui perwakilan yang dipilih langsung oleh rakyat. Oleh karena itu, negara Indonesia dijuluki sebagai negara demokrasi.

 Baca Juga: Jelaskan! Apa Saja Prinsip-Prinsip Demokrasi dalam Suatu Negara

Contoh Kedaulatan Rakyat di Indonesia

  1. Pemilihan Umum

Pemilihan umum merupakan salah satu contoh pengamalan kedaulatan rakyat di Indonesia. Rakyat memilih wakil-wakil mereka untuk duduk di lembaga-lembaga legislatif maupun eksekutif yang ada di negara. Dalam pemilihan umum, rakyat memiliki hak suara yang sama untuk menentukan siapa yang akan mewakili mereka.

  1. Aksi Demo

Aksi demo juga menjadi contoh lain pengamalan kedaulatan rakyat. Rakyat memiliki hak untuk mengekspresikan kehendak mereka dengan cara yang damai dan tidak merusak. Aksi demo seringkali diadakan untuk menuntut hak-hak yang dianggap belum terpenuhi oleh negara.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm