Contoh Budaya Non Benda yang Ada di Indonesia dan Penjelasannya

12 April 2023 11:10 WIB
Ilustrasi contoh budaya non benda dan penjelasannya.
Ilustrasi contoh budaya non benda dan penjelasannya. ( Birkom Kemenparekraft)

Sonora.ID - Berikut ini adalah paparan mengenai beberapa contoh budaya non benda di Indonesia, lengkap dengan penjelasannya. 

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda, mulai dari adat istiadat, bahasa, makanan, dan masih banyak lagi.

Namun, tidak semua budaya di Indonesia bersifat benda atau fisik. Ada juga budaya non benda yang melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Mengutip Kompas.com, berdasarkan Konvensi UNESCO 2003, warisan budaya non benda diartikan sebagai berbagai praktik, representasi, ekspresi, pengetahuan, keterampilan, instrumen, obyek, artefak, dan ruang-ruang budaya yang terkait.

Dalam beberapa kasus, masyarakat, kelompok, atau seseorang juga dapat menjadi bagian dari warisan budaya non benda.

Secara umum, warisan budaya non benda diwariskan dari generasi ke generasi, yang akhirnya diciptakan kembali oleh masyarakat dan suatu kelompok.

Dalam pengertian yang lebih sederhana, budaya non benda juga dapat diartikan sebagai warisan budaya yang bersifat abstrak dan tidak berwujud fisik. Contohnya seperti seni tari, musik, puisi, lagu, dan cerita rakyat.

Di samping itu, budaya non benda juga mencakup nilai-nilai dan norma sosial yang dipegang teguh oleh masyarakat.

Baca Juga: 9 Contoh Akulturasi Budaya yang Ada di Indonesia, dengan Penjelasannya

Meski tak berbentuk fisik, budaya non benda punya pengaruh yang besar dalam membentuk cara hidup dan pola pikir masyarakat Indonesia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm