Pengertian dan Contoh Zat Gizi Makanan yang Berfungsi sebagai Zat Tenaga

13 April 2023 13:45 WIB
Pengertian dan Contoh Zat Gizi Makanan yang Berfungsi sebagai Zat Tenaga.
Pengertian dan Contoh Zat Gizi Makanan yang Berfungsi sebagai Zat Tenaga. ( freepik)

Sonora.ID - Berikut ini adalah uraian mendalam mengenai pengertian dan contoh zat gizi makanan yang berfungsi sebagai zat tenaga.

Zat gizi yang kita dapat dari sesuatu yang kita konsumsi dapat diubah menjadi berbagai macam zat lain yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya zat tenaga.

Secara istilah, pengertian zat gizi makanan yang berfungsi sebagai zat tenaga adalah nutrisi yang dapat diubah menjadi energi oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Zat gizi ini terutama terdiri dari karbohidrat, protein, dan juga lemak, demikian dikutip dari eat.right.org.

Baca Juga: Zat Tunggal: Pengertian dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Zat Gizi Makanan yang Berfungsi sebagai Zat Tenaga

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi tubuh di mana setiap gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori energi.

Karbohidrat dapat ditemukan dalam makanan seperti roti, pasta, nasi, kentang, jagung, buah-buahan, dan sayuran. Zat gizi satu ini terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang cepat dicerna dan diubah menjadi energi. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah gula, madu, dan sirup.
  • Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang lebih sulit dicerna dan memberikan energi secara bertahap. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan.

2. Protein

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm