Sonora.ID - Simak materi tentang konsep pemasaran dengan penjelasan mengenai kelebihan, kekurangan, dan contohnya.
Konsep pemasaran merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis agar produk yang dihasilkan bisa diterima masyarakat luas.
Dilansir dari buku Konsep dan Strategi Pemasaran (2019) banyak orang yang menyatakan bahwa konsep pemasaran sama dengan konsep penjualan atau promosi dan beriklan.
Lantas, apa makna konsep pemasaran sebenarnya? Menurut Gramedia, konsep pemasaran dapat diartikan sebagai sebuah konsep yang digunakan oleh para pelaku usaha dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Keuntungan yang dimaksud baik ketika bersaing dengan kompetitor maupun memuaskan kebutuhan konsumen.
Baca Juga: 25 Contoh Judul Skripsi Manajemen Pemasaran, Paling Mudah Dikerjakan
Terdapat lima konsep pemasaran, yakni produksi, produk, penjualan, pemasaran, dan pemasaran sosial. Simak kelebihan dan kekurangan beserta contohnya di bawah ini.
1. Konsep Produksi
Konsep produksi berkeyakinan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang telah tersedia di manapun dengan harga murah.
Konsep pemasaran produksi umumnya diberlakukan di Cina, contohnya pembelian HP Nexian atau Xiaomi.