Sonora.ID - Faktor keberhasilan usaha harus dirumuskan agar sebuah bisnis dapat berjalan dengan baik.
Ady Inrawan dkk., dalam buku Manajemen Kewirausahaan Kontemporer (2022) menjelaskan bahwa aspek keberhasilan seorang wirausahawan bukan hanya dilihat dari seberapa keras dirinya bekerja.
Namun juga bagaimana ia mampu menggunakan kecerdasannya untuk merancang strategi dan merealisasikannya.
Henry Faizal Noor (2007) dalam Saryanto (2021) menjelaskan bahwa keberhasilan usaha pada hakikatnya adalah keberhasilan bisnis mencapai tujuanya.
Baca Juga: Prinsip Etika Bisnis: Memimpin dengan Integritas dalam Lingkungan Bisnis yang Beretika
Faktor-Faktor Keberhasilan Usaha
Adapun sejumlah faktor yang memengaruhi keberhasilan sebuah usaha menurut Hendro (2011) yakni sebagai berikut.
1. Faktor peluang
Wirausahawan harus mampu menciptakan peluang dan juga mengambil peluang yang ada dengan menerapkan strategi yang cocok untuk perkembangan usaha.
Terkadang, wirausaha terbuai peluang emas yang bersifat sementara. Perusahaan pun hanya seumur jagung sebab tidak mampu memanfaatkan peluang tesebut.