Manfaat Biologi dalam Berbagai Bidang Secara Lengkap

12 Juni 2023 18:00 WIB
Manfaat biologi dalam berbagai bidang.
Manfaat biologi dalam berbagai bidang. ( freepik)

Sonora.ID - Biologi merupakan sebuah ilmu mengenai kehidupan. Istilah biologi diambil dari bahasa Yunani, yakni bios yang berarti kehidupan dan logos yang berarti ilmu.

Biologi cukup mempengaruhi kehidupan manusia mulai dari hubungan manusia dengan lingkungan, makanan yang dikonsumsi, dan penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia.

Dengan memahami hakikat ilmu biologi kita dapat memahami diri dan kehidupan sekitar dengan lebih baik, kualitas hidup dapat meningkat, dan meningkatkan pengaruh positif terhadap lingkungan seperti melestarikan habitat alami dan spesies langka.

Berikut ini pun kami sajikan paparan lengkapnya mengenai manfaat biologi dalam berbagai bidang kehidupan manusia, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Sel? Pengertian Disertai Strukturnya

Manfaat Biologi dalam Berbagai Bidang

Bidang Kedokteran

Biologi memberikan manfaat yang besar terhadap kemajuan ilmu kedokteran, terutama dalam penanganan masalah penyakit. Berikut beberapa contoh manfaat biologi dalam bidang kedokteran.

  • Transplantasi (pencangkokan) organ telah memberikan pemecahan masalah terhadap orang yang mengalami kerusakan organ tubuhnya.
  • Virologi telah memberikan sumbangannya pada dunia kedokteran, dengan mendasari pengetahuan dalam usaha menciptakan vaksin-vaksin.
  • Teknik bayi tabung telah memberikan pemecahan masalah bagi pasangan suami istri yang sulit untuk memiliki anak.
  • Mikrobiologi kedokteran telah berhasil mengidentifikasi beberapa jenis bakteri penyebab penyakit pada manusia. Dengan demikian, antibiotik untuk bakteri tersebut dapat dibuat.

Bidang Industri

Berikut beberapa contoh perkembangan dalam bidang industri yang berhubungan dengan biologi.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm