Wakil Duta Besar Repulik Indonesia untuk Jepang John Tjahjanto Boestami dalam sambutannya menjelaskan peresmian Indonesia Halal Vending Machine di Jepang merupakan langkah inovatif untuk meningkatkan pemasaran produk Indonesia agar semakin dikenal luas di masyarakat Jepang.
“Ini merupakan vending machine pertama di Jepang yang dibuat berdasarkan promosi produk eksklusif dari satu negara. Sejak masa pandemi, kami bersama seluruh pihak mulai merencanakan langkah inovatif untuk meningkatkan pemasaran produk Indonesia di Jepang. Kami berharap inovasi ini dapat menginspirasi diaspora Indonesia di Jepang lainnya,” ujar Wakil Duta Besar John Boestami yang didampingi Atase Perdagangan KBRI Tokyo Arief Wibisono.
“Hingga minggu lalu, kami sudah mendapatkan setidaknya 4 inquiry dari diaspora Indonesia di Jepang yang tertarik untuk memasarkan produk halal Indonesia melalui Indonesia Halal Vending Machine ini. Nantinya akan ditempatkan di pusat keramaian, pusat ibadah, serta pusat perbelanjaan di seluruh Jepang,” tambahnya.
“Pemerintah berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024. Sehingga perlu dilakukan langkah untuk mendorong ekspor produk halal Indonesia. Saat ini difokuskan pada makanan halal, modest fashion, farmasi dan kosmetik. Indonesia Halal Vending Machine ini merupakan langkah inovatif, kolaboratif dan efektif dalam peningkatan ekspor produk halal tersebut,” kata Didi Sumedi.
Berbagai produk kemasan makanan minuman khas Indonesia muncul dalam etalase Indonesia Halal Vending Machine. Terdapat pula masakan tradisional dalam kemasan seperti Rendang Daging, Cumi Balado, Sambal Teri, Ayam Goreng, Nasi Goreng dan Paru Balado.
Turut hadir dalam peluncuran Indonesia Halal Vending Machine ini Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo Hilman Tisnawan, General Manager Bank BNI Tokyo Yudhi Zufrial, CEO Regional Garuda Indonesia Tokyo Sony Syahlan, Kepala Pertamina Tokyo Fuadi Arif Nasution dan Perwakilan dari ASEAN Japan Centre di Tokyo.
Peluncuran Indonesia Halal Vending Machine di Tokyo merupakan rangkaian kegiatan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang dalam menjaga momentum hubungan baik kedua negara di berbagai sektor.
Ekspor Indonesia ke Jepang pada 2022 lalu merupakan tertinggi sepanjang sejarah dengan capaian lebih dari USD 24 miliar. Tahun 2022 lalu berdasarkan data BPS yang diolah Atase Perdagangan KBRI Tokyo, khusus ekspor makanan ringan (snack) ke Jepang, Indonesia mencatatkan nilai sebesar USD 44,17 juta. Angka ini naik cukup signifikan dibandingkan 2021 sebesar USD 34,34 juta.
Periode Triwulan pertama 2023 juga membukukan hasil positif dengan nilai sebesar USD 10,19 juta atau naik sekitar 0,71% dibandingkan periode sebelumnya.