Sonora.ID – Customer Service atau CS adalah departemen yang berinteraksi langsung dengan konsumen dan mewakili perusahaan dalam hal kepuasan atas pelayanan yang diberikan.
Itulah sebabnya divisi ini bisa dibilang memerankan bagian penting dalam operasional sebuah perusahaan.
Maka dari itu, menjadi seorang customer service bukanlah tugas yang mudah, dibutuhkan berbagai keterampilan mumpuni agar dapat menjawab pertanyaan peganggan dengan sigap.
Nah, untuk Anda yang tertarik ingin bekerja sebagai Customer Service, berikut berbagai informasi terkait pengertian, tugas Customer Service, hingga skill yang dibutuhkan yang penting untuk diketahui.
Pengertian Customer Service
Pengertian Customer service atau dikenal dengan CS adalah sebuah layanan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk para customer, baik sebelum atau sesudah membeli produk atau jasa.
Baca Juga: 6 Kesalahan saat Ingin Ganti Profesi Kerja yang Bikin Keuangan Merosot
Pekerjaan customer service sendiri memiliki banyak fungsi dan juga peran di dalam perusahaan.
Namun secara keseluruhan, terdapat dua fungsi utama bagi customer service, yaitu sebagai humas terdepan, dan menciptakan kultur perusahaan yang positif.
Tujuan CS adalah memberikan kenyamanan sehingga pengalaman mereka bertransaksi menjadi lebih baik dan berharap memenuhi ekspektasi mereka.
Costumer Service yang optimal bisa dibilang menjadi kunci kesuksesan perusahaan.