Sonora.ID - Berita acara adalah suatu laporan tentang peristiwa, kejadian, atau fakta tentang kejadian penting mengenai manusia atau kelompok, sebagai bukti yang legal atau sah.
Berita acara rapat menjadi salah satu berita acara yang paling sering dibuat. Berita acara rapat biasanya dibuat oleh organisasi atau lembaga sebagai dokumentasi dan catatan hasil rapat yang sudah dilaksanakan.
Berita acara rapat ini pun menjadi dokumentasi yang penting bagi sebuah organisasi atau lembaga. Setelah berita acara rapat selesai dibuat, maka pemimpin rapat dan sekretaris akan menandatanganinya.
Sebagai sebuah dokumen resmi dari suatu kegiatan yang sudah dilaksanakan, berita acara tentunya harus dibuat dengan format tertentu.
Berikut ini pun contoh berita acara rapat yang benar sesuai dengan format, dikutip dari berbagai macam sumber.
Baca Juga: 9 Contoh Berita Acara Serah Terima beserta Strukturnya, Lengkap!
Contoh Berita Acara Rapat
Contoh 1
BERITA ACARA RAPAT
Dalam rangka peringatan dies natalis instansi yang sudah tercantum dalam kalender akademik, pada hari ini, tepatnya:
Telah dilakukan musyawarah dan diskusi bersama yang dihadiri oleh beberapa staff dan karyawan perusahaan. Adapun nama-nama yang mereka sudah terlampir dalam lampiran daftar hadir.
Adapun unsur dari kepemimpinan rapat dan narasumbernya yaitu sebagai berikut:
Setelah dilakukan musyawarah bersama terkait dengan dies natalis instansi, maka didapatkan beberapa kesepakatan, yaitu:
Demikian berita acara dalam rapat ini dibuat dengan sesungguhnya serta disahkan dengan tanggung jawab penuh agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Surabaya, 27 Juni 2019
Pimpinan Rapat Sekretaris
Contoh 2
BERITA ACARA RAPAT DESA SUKAJAYA
KECAMATAN SUKAMAKMUR
KABUPATEN SIDOMAKMUR