Mulai 1 Agustus, KAI Commuter Sesuaikan Kapasitas Pengguna Bagi 3 Commuter Line di Wilayah 2 Bandung

31 Juli 2023 17:50 WIB
 Ilustrasi KAI Commuter
Ilustrasi KAI Commuter ( Humas KAI)
 
 
Bandung, Sonora.ID - Mulai 1 Agustus 2023, KAI Commuter menerapkan penyesuaian terkait aturan jumlah kapasitas pengguna dinamis (load factor) pada tiga perjalanan commuter line yang ada di wilayah 2 Bandung.
 
"Public Service Obligation (PSO) atau kebijakan layanan publik merupakan subsidi yang diberikan oleh Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, dalam siaran persnya, Senin (31/7/2023).
 
"Salah satunya yang ditugaskan kepada KAI Commuter adalah untuk pelayanan angkutan kereta api kelas ekonomi," ucapnya lagi.
 
Anne menjelaskan, sesuai dengan Surat dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan No.M.006/3/9/K2//DJKA/2023 Tanggal 17 Juli 2023, tentang Penyesuaian Kapasitas Penumpang, KAI Commuter menyesuaikan kapasitas jumlah pengguna pada 3 pelayanan perjalanan Commuter Line di wilayah 2 Bandung.
 
 
"Berdasarkan surat edaran tersebut, kami akan melakukann penyesuaian jumlah kapasitas pengguna tesebut pada perjalanan commuter line yang memiliki jarak tempuh perjalanan lebih dari 100 KM dan menggunakan sarana kereta kelas ekonomi (K3)," jelas Anne.
 
Sebelumnya, lanjut Anne, aturan kapasitas dinamis penguna yang berlaku memiliki kapasitas 150% pengguna dari jumlah tempat duduk (100% dengan tempat duduk dan 50 % tiket tanpa tempat duduk). 
 
"Untuk Commuter Line di wilayah 2 Bandung, ada kapasitas tiket pengguna yang tidak menggunakan bangku, dan ini disiapkan maksimal sebanyak 20% menjadi 120% pengguna (100% dengan tempat duduk dan 50 % tiket tanpa tempat duduk)," kata Anne.
 
"Dan mulai 1 Agustus besok, kami berlakukan pada tiga perjalanan Commuter Line Lokal yang memiliki jarak tempuh perjalanan lebih dari 100 KM, yaitu Commuter Line dengan nomer KA 386 Purwakarta - Garut, nomer KA 387 Garut - Purwakarta, dan nomer KA 388 Purwakarta - Garut," urai Anne.
 
Diketahui saat ini, KAI Commuter memberikan kemudahan kepada seluruh pengguna dalam melakukan pembelian dan pemesanan tiket Commuter Line wilayah melalui aplikasi KAI Access. 
 
 
"Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan dengan memasukan data-data yang sesuai dengan identitas diri," kata Anne.
 
Untuk pembelian tiket Commuter Line secara langsung, hanya dapat dilayani di hari yang sama pada tanggal pemberangkatan sepanjang tiket keberangkatan masih tersedia. 
 
Sebelum melakukan perjalanan, pengguna diwajibkan melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan untuk dilakukan pemeriksaaan dan validasi tiket keberangkatan. 
 
Dalam hal standar layanan yang diberikan, KAI Commuter tetap memberikan standar layanan yang sama dengan layanan Commuter Line Jabodetabek yang sudah berhasil diterapkan. 
 
"Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir," pungkas Anne.
 

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm