Sonora.ID - Pengertian surat lamaran kerja adalah surat resmi yang dibuat untuk diajukan ketika melamar sebuah perusahaan atau instansi.
Melansir dari e-modul Kemendikbud Bahasa dan Sastra Indonesia, tujuan dari dibuatnya surat lamaran tersebut adalah surat yang berisi permintaan agar dirinya bisa lolos mendapatkan pekerjaan pada perusahaan yang dituju.
Surat lamaran pekerjaan sifatnya pribadi dan formal/resmi. Bersifat pribadi, karena surat ini dibuat oleh seseorang, dan formal karena menggunakan bahasa yang resmi.
Jenis Surat Lamaran Pekerjaan
Berdasarkan pembuatanya, yang termasuk ke dalam jenis surat lamaran kerja adalah sebagai berikut:
Baca Juga: 20+ Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Berkesan di Mata HRD
Surat Lamaran Pekerjaan yang Digabungkan Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
Jenis surat lamaran pekerjaan ini akan memuat informasi dari gabungan riwayat hidup. Cara tersebut disebut dengan model gabungan.
Sebaliknya, surat lamaran ini disebut model terpisah. Pasalnya, isi riwayat hidup dipisahkan dari isi surat lamaran.
Ciri-ciri Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan setidaknya mempunyai ciri-ciri berikut ini: