Safari Stunting Tim Percepatan Penurunan Stunting dalam Rangka Evaluasi Penguatan PPS di Kab Bolmong Selatan

21 Agustus 2023 17:42 WIB
Safari Stunting Tim Percepatan Penurunan Stunting dalam Rangka Evaluasi Penguatan PPS di Kab Bolmong Selatan
Safari Stunting Tim Percepatan Penurunan Stunting dalam Rangka Evaluasi Penguatan PPS di Kab Bolmong Selatan ( )

Sonora.ID - Sejalan dengan arahan Presiden RI untuk mengeliminasi permasalahan stunting di Indonesia yang tertuang dalam Perpres nomor 72 tahun 2021 dan di tindaklanjuti oleh BKKBN lewat Perka BKKBN nomor 12 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI), Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan berbagai kegiatan sebagai upaya Percepatan Penurunan Stunting (PPS) khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Salah satu kegiatan intervensi yang dilakukan adalah melaksanakan Safari Stunting dan evaluasi penguatan PPS di Kab Bolsel.

Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 tercatat angka prevelensi stunting di Provinsi Sulawesi Utara pada angka 20,5% dan capaian Presentase Prevalensi Stunting pada. RPJMD Kab Bolmong Selatan di ukur 100%.

Kegiatan Percepatan Penurunan Stunting Non-APBD dilaksanakan melalui Kerjasama dengan Perusahaan dan Pelaksanaan Program Berkah Tuntaskan Stunting (BAAS).

Telah dilaksanakan beberapa inovasi oleh perangkat daerah dan Inovasi Sistem informasi penanganan stunting terintegrasi di Kab Bolsel (SI PINTER BOLSEL).

SI PINTER Bolsel adalah Sistem Informasi berbasis WEB, GEOGRAPHYC INFORMASI SYSTEM (GIS) DAN ADROID, guna untuk menjadi media pelaporan masyarakat, terkait pelaksanaan intervensi Stunting.

“Kami berharap agar penyerahan bantuan secara sukarela oleh seluruh pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara ini dapat membantu keluarga yang memiliki balita dengan resiko stunting di Kelurahan Dendengan Dalam yang kita serahkan pada hari ini, khususnya dalam makanan penambah gizi yang sangat dibutuhkan oleh balita dalam 1000 hari pertama kehidupan, selain tentunya menjaga kebersihan, gaya hidup yang sehat dan sanitasi yang baik. Kami berharap juga Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan Pemerintah Kelurahan dapat terus memantau dan monitoring perkembangan pertumbuhan anak anak ini secara berkelanjutan agar dapat tumbuh sehat kedepannya” ucap Kepala Perwakilan, Ir. Tino Tandaju, M.Erg.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm