Sonora.ID - Cara kerja mesin 4 tak pada mobil perlu diketahui pemilik mobil agar dapat berkomunikasi lebih lancar dengan mekanik bengkel.
Mesin sepeda motor yang ditawarkan di Indonesia berdasarkan prinsip kerjanya dibagi menjadi dua, yaitu mesin 2-tak dan 4-tak.
Dibandingkan dengan motor, mobil lebih dahulu menggunakan mesin 4 tak. Namun, kebanyakan mesin sepeda motor pada saat ini sudah menggunakan mesin 4-tak.
Prinsip Kerja Mesin 4 Tak:
Berikut Sonora.ID rangkum cara kerja mesin 4 tak yang perlu diketahui:
Langkah hisap
Ini terjadi ketika katup inlet terbuka, piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Hal ini menyebabkan tekanan di ruang bakar menjadi vakum sehingga menyebabkan udara bisa masuk kedalam ruang bakar.
Langkah kompresi
Langka ini terjadi ketika katup inlet tertutup, piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Proses ini menyebabkan campuran udara dan bahan bakar dimampatkan, sehingga temperature meningkat akibat tekanan yang meningkat.
Langkah usaha
Cara kerja mesin 4 tak ini terjadi setelah busi memantik api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga terjadi ledakan diruang bakar. Hal ini menyebabkan piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB).
Baca Juga: Berkaitan dengan KTT ASEAN, Dilakukan Pembatasan Angkutan Barang
Langkah buang, terjadi ketika katup outlet terbuka, piston bergerak dari titik mati bahwa (TMB) ke titik mati atas (TMA). Hal ini menyebabkan gas hasil pembakaran dibuang melewati katup outlet menuju saluran exhaust.
Perbandingan Mesin 2 Tak dan 4 Tak
Mesin 2 tak dan 4 tak juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada mesin 2 tak, proses pembakaran tidak terjadi secara sempurna, sehingga tingkat emisi yang dihasilkan masih tinggi.
Proses pembakaran yang terjadi hanya 2 langkah menyebabkan kosumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi.
Penggunaan oli samping pada proses pembakaran menyebabkan asap keluar melalui exhaust. Oli samping berfungsi untuk melumasi komponen pada silinder mesin.
Mesin 2 tak juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan motor 4 tak, diantaranya adalah akselerasi motor lebih kencang akibat tenaga yang dihasilkan lebih tinggi (1,5-2 kali) tenaga dari mesin 4 tak.
Untuk kekurangan motor 4 tak adalah akselerasi yang dihasilkan lebih rendah, dan konstruksi mesin yang lebih rumit.
Namun kelebihan dari mesin 4 tak adalah lebih irit bahan bakar dan emisi yang dihasilkan lebih sedikit. Saat ini produsen kendaraan lebih cenderung untuk memproduksi kendaraan bermotor dengan jenis mesin 4 tak.
Tingginya tingkat polusi saat ini juga menjadi faktor dalam memilih kendaraan yang lebih ramah lingkungan, selain itu faktor penting lainnya yaitu penggunaan bahan bakar yang lebih irit.
Demikianlah ulasan tentang cara kerja mesin 4 tak pada mobil berbahan bakar bensin.