Sonora.ID -Listrik menjadi kebutuhan tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-sehari. Listri digunakan sebagai sumber penerangan, penggerak alat elektronik, dan sistem transportasi.
Sumber utama listrik adalah pembangkit listrik yang dapat berasal dari berbagai sumber energi, termasuk batu bara, gas alam, tenaga air, nuklir, dan energi matahari.
PLN Indonesia menyediakan dua jenis layanan listrik, yakni prabayar dan pascabayar. Layanan listrik prabayar mengharuskan konsumen membayar di awal sebelum bisa menggunakan listrik. Litrik prabayar menggunakan sistem token.
Buka aplikasi Shopee. Pada halaman utaman, pilih kategori 'Pulsa, Tagihan, dan Tiket'.
Klik opsi PLN dan pilih pascabayar.
Input nomor ID pelanggan pada kolom yang tersedia.
Klik Tagihan dan rincian biaya listrik akan muncul.
Klik 'Lanjut' untuk ke proses pembayaran. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti transfer bank dan ShopeePay.
Klik 'Bayar Sekarang' dan tunggu pembayaran terkonfirmasi berhasil.
Untuk membayar tagihan listrik atau top up saldo, konsumen harus mengetahui ID pelanggan.
Konsumen bisa melihat nomor ID pelanggan PLN pada meteran listrik di rumah. Nomor tersebut biasanya ada di atas atau di bawah barcode.
Saat kosumen membayar tagihan listrik bulan sebelumnya, nomor ID pelanggan juga tertulis pada struk.
Konsumen bisa mengecek ID pelanggan PLN dengan menghubungi call center PLN di nomor 123. Selain itu, konsumen juga bisa menghubungi customer service melalui akun media sosial resmi PLN.
Cara cetak struk PLN pascabayar yang hilang
Login aplikasi PLN Mobile.
Klik menu 'Kelistrikan'. Pilih ID Pelanggan atau Nomor Meter.
Klik History Pengguna. Grafik dan periode tagihan listrik sekaligus besaran kWh akan muncul.
Pilih salah satu 'Bulan Tagihan' yang ingin dicetak struknya.
Klik download invoice dan ikuti arahan selanjutnya sampai selesai.
Pihak PLN akan mengirim lampiran invoice ke email terdaftar. Unduh dan cetak struk.