10 Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2023 yang Benar dan Menarik!

22 September 2023 14:34 WIB
Ilustrasi Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2023
Ilustrasi Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2023 ( Kompas.com)

Sonora.ID – Berikut berbagai contoh deskripsi diri guru mulai dari SD, SMP, SMA hingga SMK yang bisa dijadikan referensi ketika mengisi deskripsi diri saat mendaftar PPPK Guru 2023.

Namun sebelum melihat contoh deskripsi diri PPPK Guru, ada baiknya Anda mengetahui ini juga informasi dan tips dalam menulis deskripsi diri PPPK Guru.

Sebab dalam membuat deskripsi diri ini, pelamar hanya bisa menggunakan maksimal 3.000 karakter.

Sehingga informasi yang disampaikan harus padat dan jelas namun tetap mampu menggambarkan potensi diri agar menjadi pertimbangan oleh panitia seleksi.

Maka dari itu, selain berisi pengenalan diri, sebaiknya kolom isi deskripsi diri ini juga mencangkup kontribusi selama menjalankan peran sebagai guru, peran dalam bermasyarakat atau peran di lingkungan sosial.

Baca Juga: 30 Contoh Soal PPPK Kesehatan, Beserta Kunci Jawabannya Lengkap

Pada seleksi CASN 2023, PPPK menjadi prioritas kebutuhan dan mendapat alokasi formasi sebesar 543.593 dari total 572.496 formasi. Sedangkan khusus untuk PPPK Guru dibutuhkan sebanyak 278.102 formasi.

Pendaftaran PPPK Guru dibuka sejak 20 September hingga 9 Oktober 2023. Para pelamar pun dapat langsung mengakses laman https://sscasn.bkn.go.id/ untuk melakukan pendaftaran.

Berikut 10 contoh deskripsi diri PPPK Guru 2023 yang baik dan menarik, lengkap dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Contoh 1

Nama saya Listyo Sigit, lahir di Jeneponto pada 13 September 1998. Saya adalah seorang guru di SD Kabupaten Jeneponto, tepatnya di SDN 1 Jeneponto.

Berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar sembilan tahun SD tersebut.

Selama bertugas di sana, saya pernah menjadi wali kelas selama 3 tahun untuk kelas 3 dan 4 tahun untuk kelas 5. Sisanya yakni sebagai guru biasa, yakni saat awal-awal mengajar di sana, pada 2013 silam.

Selama mengajar di sana, saya banyak berkolaborasi dengan para guru lain untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Salah satu program yang yang kami terapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran di alam dengan mengaktifkan media pembelajaran lingkungan sekitar.

Tujuannya yakni agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja.

Program ini membuahkan hasil, ditunjukkan dengan penilaian formatif dan sumatif, nilai siswa tersebut menjadi lebih baik.

Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, yang diikuti oleh anak-anak usia pra sekolah dasar.

Di sana, mereka bisa bermain sambil belajar dengan cara membaca dan mewarnai hewan kesukaannya.

Lingkungan sekitar mengapresiasi kegiatan ini, mereka juga banyak menyumbang buku bacaan dan buku gambar untuk diwarnai anak-anak.

Aktivitas tersebut dapat membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru.

Sehingga menjadi lebih terasah dan banyak menemukan ide yang bisa digunakan untuk pembelajaran untuk siswa.

Menurut saya, seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi dalam menyampaikan materi.

Contoh 2

Nama saya Prajuda Asmara, seorang pendidik yang mengajar di Sekolah Dasar Maju Bangsa.

Saya lahir di Makassar 11 Maret 1998 dan telah mengajar di SD tersebut selama lima tiga tahun. Dalam menjalankan tugas, saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semangat tinggi dalam mengajar.

Hal itu dibuktikan dengan kedekatan antar guru ataupun dengan anak-anak didik.

Dalam mengajar saya berupaya mewujudkan suasana yang menyenangkan, menarik serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Contoh 3

Nama Saya Ilham Zulfikar, seorang pendidik yang mengajar di TK Maju Selalu.

Saya lahir di Jember, 17 Agustus 1990 dan telah mengajar di TK tersebut selama lima tahun.

Dalam menjalankan tugas, saya berupaya untuk bersosialisasi dan punya semangat tinggi.

Sebagai seorang guru TK, saya selalu berusaha untuk memahami dan menggali kebutuhan individu setiap anak.

Saya mengajarkan dengan memperhatikan gaya belajar mereka, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Dalam upaya mencapai tujuan ini, saya berusaha untuk menyediakan berbagai jenis aktivitas dan materi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

Baca Juga: Cara Verval Ijazah di Info GTK, Supaya Bisa Daftar PPPK 2023!

Contoh 4

Perkenalkan nama saya Indira Rahayu Mustika. Biasa dipanggil Ayu. Saya berusia 27 tahun. Lahir di Ngawi, tanggal 29 Januari 1995.

Saat ini saya menjadi guru honorer di sekolah SMPN 1 Sumbergempol. Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung Provinsi Jawa Timur.

Saya sudah menjadi guru honorer di SMPN 1 Sumbergempol selama kurang lebih 6 tahun, sejak tahun 2016 dan Alhamdulillah sampai sekarang masih diberikan kesempatan untuk mengabdi di bidang pendidikan.

Selama kurang lebih lima tahun saya mengabdi di SMPN 1 Sumbergempol, tentu saya banyak bertemu berbagai karakteristik siswa yang pernah saya ajar.

Berbagai karakteristik siswa tentu menjadi pembelajaran berharga untuk diri saya dalam mengembangkan kemampuan mengajar saya.

Dalam lima tahun saya mengabdi, saya sudah pernah menjadi wali kelas kelas VII, wali kelas VIII dan wali kelas IX. Dengan jurusan yang berbeda-beda selama tiga tahun berturut.

Bekerja sama dengan kepala sekolah dan guru yang menyenangkan dan saling mendukung untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Selain menjadi wali kelas, saya juga mengampu sebagai tutor ekstrakurikuler Speaking English yang diadakan sekolah untuk membuat siswa semakin kompeten dalam berbicara bahasa Inggris.

Saya juga pernah menjadi panitia Masa Orientasi Siswa dan Panitia Penilaian Akhir Semester.

Riwayat pendidikan saya; Pada Sekolah dasar saya bersekolah di SD Negeri 2 Junjung (2001 – 2007), Pada jenjang SMP saya bersekolah di SMPN 1 Kalidawir (2007-2010), Pada jenjang SMA saya bersekolah di SMA Negeri 1 Kalidawir (2010 – 2013), dan pada jenjang perkuliahan saya lulusan dari IKIP PGRI Madiun.

Masuk dari tahun 2013 dan lulus pada tahun 2017. Pendidikan Bahasa Inggris adalah jurusan yang saya pilih. Tak hanya itu, saya juga pernah mengajar sebagai tutor di lembaga mengajar Smart English Center (SEC).

Saya menjadi tutor selama saya masih aktif berkuliah. Saya mendapat banyak pelajaran ketika saya menjadi tutor di sana.

Misalnya saja tentang bagaimana menghadapi siswa dan bagaimana melatih diri saya sebagai tutor yang baik. Selama empat tahun saya mengabdikan diri sebagai tutor di SEC.

Keseharian saya mengajar di SEC menjadi modal besar saya menjadi guru.
Kompetensi saya menjadi guru semakin terasah dan saya mampu percaya diri menghadapi keberagaman karakteristik siswa.

Ketika saya lulus dari kuliah, saya harus mengundurkan diri menjadi tutor karena jam pelajaran yang tidak sesuai antara menjadi tutor di SEC dan menjadi guru di SMKN Kasiman.

Dari awal saya memang bercita-cita menjadi guru, terkhusus guru bahasa Inggris. Banyak yang saya usahakan untuk menjadi guru bahasa Inggris yang baik.

Terbukti dari sebelum lulus saya memberanikan diri saya mencari pengalaman menjadi tutor pendidik di lembaga khusus bahasa Inggris.

Saya pernah mengikuti program penerjemahan cerita anak yang dilakukan Balai Bahasa Jawa Timur di tahun 2015 lalu.

Selain itu, saya juga aktif dalam organisasi Karang Taruna di desa kelahiran saya. Pada tahun 2018 kemarin, saya bersama teman-teman Karang Taruna menginisiasi gerakan bank sampah.

Melalui organisasi ini kami harap masyarakat di desa kami lebih arif dalam pengelolaan sampah.

Selain mengadakan bank sampah, kami juga sering melakukan penyuluhan tentang pemanfaatan sampah agar bernilai ekonomis.

Dan syukur alhamdulillah melalui program ini desa saya berhasil dinobatkan sebagai desa terbersih di kabupaten Tulungagung pada tahun 2020.

Saya juga mengikuti program pemerintah yaitu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Saya mengikuti tes tersebut dan alhamdulillah mendapat nilai yang cukup memuaskan.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai diri saya.

Contoh 5

Nama saya Farah Adinda dan biasa dipanggil Farah. Saya lahir di Kota Surabaya pada 27 Oktober 1999.

Saat ini, saya merupakan guru tenaga honorer di SMP Negeri 10 Surabaya. Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 6 tahun dan masih mengajar hingga saat ini.

Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Ilmu Pengetahuan Sosial, khususnya Geografi untuk kelas VII dan VIII.

Dalam melaksanakan tugas sebagai guru honorer, saya selalu berupaya agar bisa menyampaikan materi menggunakan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa.

Apabila siswa mulai merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, saya akan berusaha untuk melakukan proyeksi untuk diri saya sebagai pengajar.

Untuk mengetahui perkembangan siswa, khususnya pada materi yang saya ajarkan, saya mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Dengan begitu, saya juga bisa memahami karakteristik serta emosial siswa. Sehingga nantinya saya mampu memberikan metode mengajar yang baik dan memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh.

Jika ada lomba yang diadakan di luar sekolah, seperti olimpiade, saya selalu mengusahakan agar anak didik saya bisa ikut dan menunjukkan prestasinya.

Selain itu, saya juga menjalin dan membangun komunikasi yang baik dengan guru-guru lain sebagai rekan kerja.

Saya juga tak menyia-nyiakan untuk selalu belajar dari guru-guru berpengalaman di sekolah tersebut.

Dalam kehidupan bermasyarakat, saya juga berusaha untuk tetap bisa memberikan kontribusi di daerah setempat.

Saya selalu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan dan partisipasi dalam organisasi masyarakat atau ikut serta dalam kegiatan gotong royong.

Contoh 6

Nama saya Maria Ulfa dan terbiasa disapa Ulfa. Saya lahir di Kota Makassar pada 3 Oktober 1999. Saat ini saya merupakan guru tenaga honorer di SMP Negeri 7 Makassar.

Saya telah menjabat sebagai guru honorer selama 6 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Bahasa Indonesia kelas VIII dan IX.

Dalam melaksanakan tugas sebagai guru honorer saya selalu berupaya agar bisa menyampaikan materi menggunakan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa.

Apabila siswa mulai merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, saya akan berusaha untuk melakukan proyeksi untuk diri saya sebagai pengajar.

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan siswa, terlebih pada materi yang saya ajarkan, saya selalu mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan para siswa dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Tak hanya sekedar materi pembelajaran, saya bisa memahami karakteristik serta emosial siswa.

Sehingga nantinya saya mampu memberikan cara mengajar yang baik dan memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh.

Jika ada lomba yang diadakan di luar sekolah seperti olimpiade atau berpidato, saya selalu mengusahakan agar anak didik saya bisa ikut dan menunjukkan prestasinya. (Bisa menambahkan juara yang pernah diraih)

Selain menjalin kedekatan dengan peserta didik, saya juga menjalin dan membangun komunikasi dan hubungan baik dengan guru-guru lain sebagai rekan kerja.

Saya juga tak menyia-nyiakan untuk selalu belajar dari guru-guru berpengalaman di sekolah tersebut.

Dalam bermasyarakat saya juga memberikan kontribusi saya untuk daerah setempat. Saya selalu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan dan partisipasi dalam organisasi masyarakat atau ikut serta dalam kegiatan gotong royong. (Tambahkan kegiatan lagi jika ada)

Baca Juga: Contoh Swafoto CPNS 2023 yang Benar, Beserta Ketentuan dan Aturannya 

Contoh 7

Saya Andrew Susanto, seorang guru tenaga didik di SDN XY 

Dalam proses mengajar, saya mampu bersosialisasi dann semangat dalam menjalankan tugas, dengan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur dan pedoman saat mengajar.

Saya juga menjalin kerjasama dan kedekatan emosional antar guru, peserta didik, dan wali murid.

Selain itu, dalam proses mengajar saya berupaya menciptakan suasana yang menyenangkan, menarik, serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Dengan menerapkan dan memelihara pendekatan, metode, media pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar dan kemampuan peserta didik.

Hal ini karena menjadi tenaga didik adalah impian saya sejak dulu, maka saya selalu mengerjakannya dengan senang hati sehingga tidak merasa terbebani.

Selama bekerja saya selalu memilah kepentingan pribadi dan kepentingan bersama.

Contoh 8

Nama Saya Amirullah, lahir di Makassar pada 10 Oktober 1995, dan saya adalah seorang guru di SMA Kota Makassar.

Menjadi guru, membuat saya bisa mengenali berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar sembilan tahun SD tersebut.

Ketika bertugas, saya dipercayakan untuk menjadi wali kelas selama 2 tahun untuk kelas X. Serta saya juga berperan sebagai guru biasa ketika awal bergabung.

Saya juga ikut menjalin hubungan baik sesama tenaga pendidik, dan berkolaborasi memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Bahkan salah satu program yang saya canangkan diterapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran yang memanfaatkan alam sekitar.

Contoh 9

Saya Dimas Maia Ahmad, lahir di Toraja, 19 Desember 1997, saat ini bekerja sebagai guru honorer di SMA N 1 Makale, Toraja dan sudah 4 tahun mengabdi di sini.

Saya pernah mengikuti sejumlah trainning kependidikan di Australia, Amerika, dan England pada tahun 2019.

Saya pernah dinobatkan sebagai Guru Teladan 6 bulan berturut-turut dan Guru Favorit 2020 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Saya aktif berorganisasi di PGRI Toraja dan menjabat sebagai Sekretaris Utama yang sudah menyelenggarakan 20 kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Saya juga aktif di PKK Jombor Kidul, tempat saya tinggal dan pernah menjadi Pembina PKK Terbaik se-Kabupaten Toraja.

Sebagai seorang Guru SMA, saya juga terus berusaha untuk meningkatkan diri dengan mengikuti pelatihan dan workshop terkini.

Saya percaya bahwa dunia pendidikan terus berkembang, dan sebagai pendidik, saya harus tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru agar dapat memberikan pendidikan yang relevan dan bermakna bagi para siswa.

Contoh 10

Perkenalkan Nama saya Aulia. lahir di Takalar pada tanggal 15 Agustus 1992, saat ini saya menjadi guru honorer di sekolah SMK 6 Makassar Kecamatan ujung Pandang Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Saya sudah menjadi guru honorer selama kurang lebih 8 tahun dan Alhamdulillah sampai sekarang masih diberikan kesempatan untuk mengabdi di bidang pendidikan.

Tak hanya itu, saya juga mengabdi sebagai Ketua DKM Di Kampung halaman saya. Dan saya juga saat ini masih aktif di bidang kepemudaan contohnya ikut gabung di KNPI Tingkat Kabupaten.

Sebagai seorang guru SMK, keterlibatan saya dalam pembelajaran tidak hanya berlangsung di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas.

Saya aktif terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dan proyek-proyek sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di berbagai bidang.

Saya berusaha menjadi contoh yang baik bagi siswa dengan mendukung partisipasi mereka dalam kegiatan positif.

Demikian essay ini saya tulis dengan sebenarnya. Terima kasih.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: 5 Contoh Surat Lamaran CPNS 2023 ke Berbagai Instansi, Resmi dan Benar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm