Ditinggal Menjenguk Bayi, Rumah Warga Wonogiri Habis Terbakar.

3 Oktober 2023 08:45 WIB
ilustrasi kebakaran
ilustrasi kebakaran ( )

Solo, Sonara.ID – Rumah warga wonogiri yang terbakar akibat dari perapian yang dibuat dikandang sapi, Minggu (1/10/2023).

Direktur UPT Damkar Wonogiri Joko Santosa mengatakan, api bermula dari rumah Sakidi yang tinggal di Dusun Kopen RT 1/IX, Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri.

“kami dari pihak pemadam kebakaran Wonogiri mendapat panggilan pada pukul 16.05 WIB. Selanjutnya kami turunkan dua unit mobil pemadam kebakaran yang berjumlah 6 orang” jelasnya, Senin (10/2/2023).

Menurut Joko Santosa, kebakaran bermula saat pemilik rumah membuat perapian di kandang sapi miliknya.

Kemudian pemilik rumah lalai tidak mengecek api yang dibuatnya kemudian pergi untuk menjenguk bayi. selain itu , hembusan angin juga membuat api menyambar ke tumpukan jerami dan tumpukan ban yang ada di dekatnya.

“kemudian api menjalar menyambar ke dapur dan bangunan induk”. Jelasnya. Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.
Menurut Joko Santosa, pemadaman api dibantu oleh Polsek Sidoharjo, Koramil Sidoharjo dan warga setempat.

Baca Juga: Melukis Wajah Capres, Puluhan Pelukis Solo Raya Menyuarakan Dukungan

“tidak ada korban jiwa dan hewan ternak sapinya masih bisa diselamatkan. Kerugian akibat kebakaran diperkirakan sekitar Rp 75 juta” ujarnya.
Sebelumnya kebakaran rumah akibat perapian juga terjadi di Kecamatan Jatisrono, Wonogiri.

Rumah warga wonogiri ludes akibat kebakaran pada tungku kayu yang digunakan untuk memasak menyambar rumah. Kebakaran terjadi dirumah Irmawanto di Desa Sumberejo.

“kronologi kebakaran bermula saat istri pemilik rumah menyalakan tungku kayu bakar untuk memasak”, jelasnya.

Atas kejadian tersebut, Joko Santosa selaku kepala UPT Damkar Wonogiri menghimbau masyarakat saat keluar rumah agar memastikan terlebih dahulu seperti peralatan listrik, kompor, dan apa saja yang berpotensi menimbulkan kebakaran setelah digunakan dalam keadaan mati.

Ditempat lain, sejak awal tahun hingga oktober 2023, Joko Santosa menyebut bahwa pihaknya telah menangani kebakaran hingga 100 kali.
“jika ada masyarakat yang melihat kebakaran, harap segera menghubungi pihak pemadam kebakaran. Kami juga akan pastikan pemadam kebakaran gratis tidak dipungut biaya dan selalu bertugas 24 jam. pungkasnya.

Baca Juga: Ketua BEM FMIPA UNS Dianiaya, Pelaku Diproses Hukum.

Penulis : Anggeswara Adam

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm