Ternyata Ini Kendala Pemuda-Pemudi Sragen Dalam Mencari Kerja

6 Oktober 2023 18:35 WIB
Ilustrasi Job Fair yang Dilakukan untuk Mengurangi Pengangguran di Sragen
Ilustrasi Job Fair yang Dilakukan untuk Mengurangi Pengangguran di Sragen ( Tribunnews)

Solo, Sonora.ID - Ada fenomena unik yang terjadi pada anak-anak muda yang ada di wilayah pinggiran Kabupaten Sragen. Lulusan SMK di wilayah itu memiliki masalah tersendiri ketika akan mencari pekerjaan.

Pemuda pemudi di wilayah tersebut bukannya takut kalah saing dengan pekerja lainnya, namun mereka justru tidak pede dalam mengajukan surat lamaran kerja mereka.

Taufiq, ketua program SMK unggulan SMKN 1 Gesi, mengatakan bahwa hal tersebut juga dialami oleh lulusan dari sekolahnya.

“Kalau di daerah Sragen yang pinggiran itu masalahnya ada di kepercayaan diri pelamar kerja” ucap Taufiq.

Menurut Taufiq, hal ini sangatlah berbeda dengan lulusan SMK yang berasal dari daerah perkotaan.

Hal ini karena pemuda pemudi yang lulus dari sekolah yang berada di daerah perkotaan merasa bahwa mereka bersekolah di sekolah favorit, dan juga mereka sudah amat terbiasa mengobrol dengan banyak orang.

Oleh karena itu pemuda pemudi yang berasal dari wilayah perkotaan dianggap lebih percaya diri dalam melamar pekerjaan menurut Taufiq.

“Kalau yang dari sini (wilayah pinggiran sragen) cukup susah kalau mau mengirim lamaran, soalnya sudah nggak berani, tapi kalau yang dari perkotaan besar mereka pada berani soalnya lebih percaya diri ketimbang anak-anak wilayah sini” terang Taufiq.

Baca Juga: Pemkot Solo Anggarkan Rp 360 Juta Bantu Korban Kebakaran Pasar Kliwon

“Kalau yang dari kota emang udah terbiasa ngomong dengan orang banyak, jadi ya lebih pede mereka” tambahnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm