Schoolphoria, Kolaborasi dan Inovasi untuk Meningkatkan Potensi Skill Komunikasi Generasi Muda Kota Malang

23 Oktober 2023 13:27 WIB
( )

Sonora.ID - Schoolphoria merupakan salah satu kegiatan kolaborasi dan inovasi yang digagas oleh Radio Kalimaya Bhaskara dalamrangka memberikan edukasi untuk meningkatkan potensikomunikasi yang dimiliki oleh generasi muda di Kota Malang.  

Pada hari Jum’at, 20 Oktober 2023, tepat pukul 07.00 WIB bertempat di lapangan olahraga SMP Negeri 17 Malang para pelajar dari kelas 7 (tujuh) sampai 9 (Sembilan) berkumpul dan berbaris rapi untuk mengikuti kegiatan Schoolphoria.

Di mana acara ini termasuk sebagai rangkaian kegiatan dalammemperingati bulan bahasa.

Terdapat beberapa susunan acara yang digelar diantaranya yaitu penganugerahan pemenanglomba bulan bahasa yang telah diselenggarakan pada awal bulan Oktober, pertunjukan seni tari, broadcasting class dan penampilan dari musisi muda Kota Malang.

Baca Juga: 9 Contoh Tari Kreasi Baru dari Daerah di Indonesia

Bulan bahasa diperingati setiap bulan Oktober bertepatandengan adanya momentum sumpah pemuda.

Hal ini dijadikansebagai ajang untuk asah kemampuan dan kreatifitas oleh SMP Negeri 17 Malang.

Terdapat beberapa kategori perlombaan yang telah dilakukan diantaranya yaitu lomba Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Bahasa Inggris.

Di mana untuk lombaBahasa Indonesia terdiri dari lomba pidato, pembacaan UUD 1945 dan pembacaan cerita.

Untuk Bahasa Jawa juga terbagibeberapa jenis lomba seperti pacelaton, cerkak dan tembangmocopat.

Sedangkan perlombaan Bahasa Inggris terdiri darilomba story telling, speech dan reading.

Dalam acara ini pihak sekolah juga bekerja sama dengan pihakindustri dari media penyiaran yaitu Radio Kalimaya Bhaskara.

Kerjasama yang dilakukan bersama Radio Kalimaya Bhaskara adalah salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan potensikomunikasi yang dimiliki para pelajar di bidang komunikasi.  

Hal ini diungkapkan oleh kepala SMP Negeri 17 Malang, Saiful Arif, M.Pd. di mana SMP Negeri 17 Malang merupakan salah satu sekolah penggerak sehingga salah satu strategi yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilanpara pelajar adalah menggali potensi yang dimiliki dan tidakhanya melihat dari sisi pengetahuan (akademik) saja tetapi juga harus menggali keterampilan hidup (live skill) dan terusmelakukan kolaborasi. 

“SMP 17 kan sudah termasuk sekolah penggerak nasional, jadistrategi kita adalah bahwa kita menggali potensi anak-anak itubukan hanya dari sisi pengetahuan saja, tapi hal-hal life skill yang lain itupun harus kita kuatkan, jadi keterampilan anak-anakdalam berbicara, keterampilan dalam berkomunikasi, kolaborasiitu kita tingkatkan, ucap Saiful.”

Baca Juga: 3 Fungsi Properti Tari, Salah Satunya Memperindah Gerakan Tubuh 

Para pelajar sangat senang dengan adanya acara Schoolphoria, hal ini terbukti dengan adanya partisipasi aktif dari para pelajaruntuk mengikuti setiap sesi acara yang dilaksanakan.

Di mana dalam sesi “Broadcasting Flash Class” yang dipandu langsungoleh Nisa, penyiar professional Radio Kalimaya Bhaskara, para pelajar begitu antusias dan kompak mengangkat tangan untukdipilih sebagai peserta fun challenge.

Acara Schoolphoriaberlangsung meriah dan ditutup oleh musisi muda Kota Malang Daisy & Adebolo dengan menyanyikan lagu-lagu hits.

Sehingga hal ini juga semakin menambah kemeriahan acara dan menarik perhatian para pelajar untuk bergabung bernyanyi dan berjoget bersama para musisi.

Baca Juga: Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023, Wujudkan Kukar IDAMAN dengan Satu Instansi Satu Inovasi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm