Pontianak, Sonora.ID - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo Indonesia (Persero)) Regional 2 Pontianak menggelar Survey Kepuasan Pelanggan dalam rangka agenda tahunan Pelindo untuk menerima masukan dari customer/pelanggan demi meningkatkan layanan yang lebih maksimal.
Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah "Lets Growth Together”, dan dilangsungkan di Hotel Golden Tulip Pontianak, Selasa (14/11/2023).
"Ini merupakan survey agenda tahunan yang dilakukan oleh seluruh pelabuhan khususnya di regional 2, kita yang pertama mengadakan dari 12 cabang yang ada," jelas Hambar Wiadi, Kepala General Manager Pelindo Regional 2 Pontianak.
Dia berujar Ruang lingkup survey kepuasan pelanggan yaitu diantaranya nahkoda kapal, shipping agent, pengusaha/cargo owner baik petikemas maulun non petikemas, dan penumpang.
Hambar menambahkan Pelindo pada survey kepuasan pelanggan ini menyampaikan apa yang sudah diImprove dan yang dilakukan pada survey sebelumnya.
Baca Juga: 6 Dimensi Jadi Pilar Smart City Bangun Kota Pontianak di Era Digitalisasi
"Tadi kita sudah sampaikan beberapa masukan yang menyangkut survey sebelumnya kita sudah tindaklanjuti dan Kita selesaikan kemudian kita laporkan ke RH 2 serta kantor pusat," ujarnya.
Pada kegiatan tersebut Pelindo Regional 2 Pontianak menyampaikan kepada customer bahwa pada tahun lalu pihaknya mendapat nilai yang memuaskan dan kembali akan dilakukan untuk tahun 2023.
"Kita akan minta saran dan masukan untuk improve ke depan terkait Efisiensi Cost Logistik di pelabuhan. Semua cargo owner, nahkoda untuk kapal, dan layanan penumpang," imbuh Hambar.
Dia mengatakan terkait kepuasan pelanggan menurutnya pasti akan bertumbuh dan akan selalu improve karena Pelindo harus tahu apa yang dikehendaki oleh pelanggan dan diimprovisasi untuk meningkatkan pelayanan semakin baik.
Hambar menyebut beberapa hal yang diminta oleh pelanggan diantaranya, peningkatan pelayanan, administrasi, serta sistem pembayaran.
"Sistem pembayaran di Pelabuhan sudah cashless, tidak menerima uang tunai lagi, semua lewat sistem yang dapat diakses di kantor customer masing-masing. Selain itu, customer juga dapat melakukan monitoring barangnya, melakukan tracking maupun tracing barangnya, apakah posisi barang masih di lapangan, di dermaga, di kapal, maupun sudah dalam perjalanan kapal, semua dapat dimonitor di sistem aplikasi," terangnya.
Baca Juga: Wali Kota Pontianak Gelar Koordinasi Perangi DBD
Komitmen Pelindo saat ini adalah untuk tetap menjaga selain dengan survey yang dilakukan, Pelindo juga biasanya mengadakan customer visit maupun coffee morning bersama rekan-rekan komersil dan juga anak perusahaan untuk membahas isu-isu strategis untuk diselesaikan.
"Harapannya dari survei responden semua terpenuhi, kita hari ini kerjasama juga dengan surveyor Indonesia, dan kami berharap masukan, saran customer serta pengguna jasa bermanfaat buat kami untuk improve pelayanan kita lebih baik ke depannya," pungkas Hambar.