Landak, Sonora.ID – Sistem Portal Terintegrasi dan Launching Satu Data Kabupaten Landak Resmi diluncurkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Landak melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Landak, Kamis (16/11/2023).
Teknologi menjadi hal yang penting terlebih sistem yang terintegrasi sangat dibutuhkan dalam jalannya pemerintahan, khususnya pemerintahan daerah.
Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Anem menyampaikan sambutan Pj. Bupati Landak yang menerangkan saat ini Pemkab Landak banyak berbenah diri terlebih terkait kebutuhan IT, dari Infrastruktur IT maupun Sistem Informasi yang mana hal itu tidak terlepas dari harapan besar yaitu menciptakan kondisi kerja yang terkomputerisasi demi terwujudnya pelayanan publik yang mudah dan cepat kepada masyarakat.
“Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang biasa disingkat SPBE dalam penyelenggaraan untuk masyarakat, menuntut perbaikan infrastruktur IT sebagai hulurisasi hingga membangun Sistem Informasi yang akurat dan tepat sebagai hilirisasi dalam pemanfaatan infrastruktur IT yang optimal,” terang Anem.
Anem menekankan hal terpenting agar ini dapat terwujud adalah jika setiap stakeholder dalam pemerintahan saling bersinergi terutama OPD yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam pelayanannya.
Baca Juga: Upaya Tekan Inflasi Dengan Gerakan Pasar Murah
“Dengan semangat inilah maka pada hari ini juga kita akan diperkenalkan sebuah sistem yang sinergi, kaya akan informasi dan mudah untuk diakses. Sistem ini diberi sebutan sebagai Sistem Portal Terintegrasi yang mengadopsi mekanisme atau konsep portal,” pungkas Anem.
Anem berharap sistem ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi yang transparan dan kredibel serta mampu menjadi sentral pelayanan publik.
“Sistem ini dikolaborasikan dengan alamat website Pemerintah Daerah yaitu landakkab.go.id sebagai titik akses. Sistem Portal Terintegrasi nantinya akan menyajikan berbagai macam aplikasi yang digunakan, baik itu aplikasi pelayanan publik maupun aplikasi penunjang kerja pegawai,” jelasnya.
Selain itu, sambung Anem, terdapat juga berbagai macam berita Pemerintah Daerah dan kedepannya juga dapat menyajikan berita OPD melalui website OPD yang diintegrasikan dengan website Pemerintah Daerah.
“Kedepan sistem ini senantiasa akan selalu berkembang selaras dengan budaya kerja dan pelayanan publik di Pemerintah Daerah Kabupaten Landak,” ucap Anem.