DPRD Kaltim Dorong Pemda Tambah Jumlah dan Kualitas Rumah Sakit

17 November 2023 20:20 WIB
Anggota DPRD Kaltim - Salehuddin
Anggota DPRD Kaltim - Salehuddin ( )

Samarinda, Sonora.ID - DPRD Kaltim mengusulkan agar pemerintah daerah meningkatkan jumlah dan kualitas fasilitas kesehatan di Bumi Mulawarman.

Hal ini disampaikan oleh Salehuddin, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, yang menilai Kaltim masih kekurangan rumah sakit pemerintah di kabupaten/kota.

“Kita sudah beberapa kali mengusulkan agar rumah sakit di Kaltim ini ditambah. Karena kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan semakin meningkat,” ujar Salehuddin.

Salehuddin mengatakan, penambahan rumah sakit sangat diperlukan untuk menunjukkan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan penduduk setempat.

Selain itu, hal ini juga penting untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, baik di daerah perkotaan, maupun di pelosok.

“Rumah sakit itu penting untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Baik di daerah perkotaan, maupun di pelosok,” ungkapnya.

Baca Juga: DPRD Kaltim Minta Kurikulum Pendidikan Perkuat Nilai-nilai Pancasila

Salehuddin menyadari penambahan rumah sakit tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Semua keputusan harus didasarkan pada kemampuan keuangan daerah dan proses perencanaan kebijakan yang matang.

“Proses perencanaannya juga harus sungguh-sungguh diutamakan. Jangan sampai ada rumah sakit yang dibangun tapi tidak berfungsi dengan baik atau tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Salehuddin juga mengharapkan adanya koordinasi yang baik antara provinsi dan kabupaten/kota di Kaltim dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat.

Ia menilai partisipasi rumah sakit swasta juga sangat dibutuhkan untuk melengkapi rumah sakit negeri atau daerah.

“Karena tidak semua rumah sakit negeri atau daerah bisa mengcover dan mengatasi proses pelayanan kesehatan. Partisipasi rumah sakit swasta bisa memberikan bantuan yang signifikan. Sehingga, pelayanan kesehatan pada semua masyarakat Kaltim bisa ditingkatkan secara besar-besaran,” tuturnya. (adv)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm