Sonora.ID - Motivator dan Pelatih Bisnis No. 1 Indonesia, Tung Desem Waringin mengungkapkan strategi untuk bisa memenangkan pasar di tahun 2024 mendatang.
Hal ini diungkapkan dalam Smart Business Outlook 2024 bertajuk “Peluang Bisnis dan Disrupsi Teknologi”, yang diselenggarakan di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta pada Selasa, 28 November 2023.
Tung Desem Waringin menjelaskan ada beberapa cara untuk dapat memenangkan pasar di tahun 2024.
Pertama, yaitu pilih bidang yang akan membawa tujuan
"Kalau Anda memilih satu bidang, Anda perlu mempelajarinya lebih baik agar bisa membawa pada tujuan," jelasnya.
Kedua, fokus menyediakan barang dan jasa yang memiliki:
Ketiga, cara marketing.
Terapkanlah marketing yang berprinsip pada TM3P (Tahu, Mampu, Percaya, Perlu, Pengen)
Untuk tahu, carilah siapa customer Anda, berada di mana calon customer.
Baca Juga: Smart FM Gelar Smart Business Outlook 2024: Peluang Bisnis dan Disrupsi Teknologi
Untuk percaya, tawarkan sesuatu yang bisa dipercaya. Bisa dengan memperlihatkan keunggulan dan prestasi yang tidak dimiliki oleh pesaing lain.
Prinsip perlu, pastikan bahwa customer memerlukan produk atau jasa yang ditawarkan.
Kita bisa melakukan marketing dengan:
a. Perang Udara
Kerjasama dengan influencer makro dan mikro, google ads, facebook ads, ig ads, marketplace, WA grup.
b. Perang Darat
Lakukan marketing secara langsung dengan penawaran menarik.
Dalam kegiatan ini, Motivator dan Pelatih Bisnis No. 1 Indonesia ini menutupnya dengan mengungkapkan jurus enam usaha marketing:
1. Memperbanyak calon customer
2. Mengubah calon customer jadi konsumen
3. Memperbesar pembelian per konsumen
4. Mempersering pembelian per konsumen
5. Memperbanyak konsumen memberi referensi
6. Meningkatkan margin
Acara ini didukung oleh PT Bank Central Asia Tbk, LRT Jabodebek, JEC Eye Hospitals & Clinics, Fulaz dari PT. Lapi Laboratories, PT Multi Medika Internasional, Consina The Outdoor Lifestyle, Garuda Indonesia, dan Hotel Borobudur Jakarta.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News