Jakarta,Sonora.Id - Program ini diluncurkan di sela-sela "The Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024). Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, program ini sebelumnya pernah dilaksanakan pada masa Pemilu 2019, menghadirkan diskon belanja dalam jumlah besar bagi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara.
Kali ini, dalam Klingking Fun 2024, diskon tersebut juga berlaku di hotel, restoran, dan di tempat-tempat rekreasi.
"Mudah-mudahan (program) ini bisa mengangkat konsumsi (masyarakat). Karena ekonomi kita di-drive oleh konsumsi," kata Sandiaga dalam keterangan resmi.
Sementara Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah, menambahkan, Kemenparekraf mendukung penuh terhadap program yang akan dilaksanakan bersamaan dengan Pemilu 2024, yaitu pada 14 Februari 2024.
Dukungan ini merupakan bagian dari upaya Kemenparekraf menyukseskan pesta demokrasi sekali dalam lima tahun seiring upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.
"Ini sejalan dengan imbauan KPU" tambahnya
Susanty Widjaya, Ketua Pariwisata APINDO yang juga sebagai Ketua Umum ASENSI memberikan apresiasi acara ini.
"ASENSI (Asosiasi Lisensi Indonesia) menyambut baik dan pastinya turut mendukung Pesta Diskon Klingking Fun 2024 yang diinisiasi APINDO sebagai upaya meningkatkan partisipasi semua lapisan masyarakat untuk turur mensukseskan Pemilu 2024.
Susanty menjelaskan hal ini kepada masyarakat untuk menghindari golput atau anti golput dan cara agar para pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya agar bisa mendapatkan diskon dari program ini dengan mudah, yaitu cukup memperlihatkan tinta di jari kelingking sebagai bukti telah menyalurkan hak pilihnya. Yuk, kita ramaikan pemilu dan pesta diskon hari ini, tambah Susanty
Sementara itu, Ketua Umum APINDO, Shinta W Kamdani menambahkan, program ini selain untuk menekan angka pemilih golput (golongan putih) yang ternyata mencapai 18 persen, juga terbukti efektif meningkatkan angka transaksi masyarakat di pusat-pusat perbelanjaan hingga 3-10 kali lipat saat pemilu.
"Dengan tintanya itu seseorang bisa ke mal-mal, berbelanja, dan mendapatkan diskon khusus. Lima tahun yang lalu, kita bisa lihat angka penjualan itu meningkat signifikan sekali, bisa sampai 3-10 kali lipat. Jadi selain menurunkan angka golput, kita juga bisa meningkatkan angka transaksi belanja saat pemilu," tambah Shinta.
Peluncuran ini juga dihadiri Ketua Panitia Klingking Fun, Fetty Kwartati; dan Ketua Umum GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) yang juga Ketua Umum PHRI serta Dewan Pembina ASENSI, Hariyadi Sukamdani.