Adopsi Standar Mutu ISO 9001:2015, Perbankan Komitmen Prioritaskan Kualitas Mutu Layanan (
Darto/Istimewa)
Sonora.ID - Sistem manajemen mutu atau kualitas merupakan salah satu komponen penting yang wajib dimiliki setiap perusahaan.
Dilansir dari Investopedia, manajemen mutu dilakukan agar kualitas layanan maupun produk yang dihasilkan mampu memenuhi standar yang diinginkan perusahaan. Untuk dapat mempertahankan kredibilitas dan kualitas layanan, perusahan mengadopsi standar mutu internasional atau International Organization for Standardization (ISO) bisa jadi pilihan.
Sebagai bagian dari komitmen peningkatan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi audit internal, Bank DKI berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu oleh TUV Nord Indonesia, yang penyerahannya dilakukan di Jakarta pada Selasa (05/03).
Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan salah satu kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu, yang penilaiannya dilandaskan pada 7 prinsip, diantaranya Customer Focus (Fokus pada pelanggan), Leadership (Kepemimpinan), Engagement of People (Keterlibatan sumber daya manusia), Process Approach (Pendekatan proses), Improvement (Peningkatan secara terus menerus), Evidence-Based Decision Making (Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta), dan Relationship Management (Manajemen hubungan dengan stakeholder).
Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan raihan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang berarti Bank DKI telah menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal.
"Ini juga mencerminkan dedikasi dan kerja keras kolektif dari tim manajemen dan segenap insan karyawan dalam upaya meningkatkan kualitas operasional perseroan, khususnya sistem audit internal," kata Amirul.
Lebih lanjut, Amirul menyampaikan keyakinan bahwa keberhasilan ini akan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional Perseroan secara keseluruhan, serta optimis melalui standar manajemen mutu audit internal yang tinggi, Bank DKI akan semakin mampu memberikan layanan terbaik dan memperkuat posisinya di industri perbankan secara regional maupun nasional.
Diterimanya ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal ini juga menambah deretan sertifikasi berstandar internasional yang diterima dan dipertahankan oleh Bank DKI, meliputi Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada IT Helpdesk Services, dan ISO 31000:2018 Sistem Manajemen Risiko.
Selaras dengan hal tersebut, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi berujar bahwa diterimanya Sertifikasi ISO 9001:2015 tidak hanya menegaskan kualitas manajemen mutu audit internal, tetapi juga mengindikasikan kesiapan Perseroan menghadapi tantangan dan perubahan dinamis dalam industri perbankan. Hal ini juga merupakan langkah positif dalam membangun kepercayaan nasabah dan pemangku kepentingan.
“Dengan mengacu pada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, kami telah menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional Perseroan berlandaskan prinsip transparansi, integritas, dan fokus pada kepuasan pelanggan,” tutup Arie.