Ma'ruf Amin Minta Penyelenggara Pelayanan Publik Jangan Bekerja Biasa-Biasa Saja

14 Maret 2024 22:19 WIB
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir dalam acara peluncuran laporan tahunan Ombudsman RI tahun 2023, Kamis (14/03/2024)
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir dalam acara peluncuran laporan tahunan Ombudsman RI tahun 2023, Kamis (14/03/2024) ( BPMI Setwapres)

Sonora.ID – Wakil Presiden RI, Wapres Ma'ruf Amin selaku Ketua Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) berharap Ombudsman dapat terus amanah menjaga dan melindungi hak-hak masyarakat, utamanya dalam memperoleh pelayanan publik yang lebih baik.

"Pelayanan publik yang mudah diakses seluruh lapisan masyarakat dan tidak berbelit-belit, menjadi cerminan bahwa negara telah hadir di tengah masyarakat. Kondisi inilah yang menjadi salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi" Ujar Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada peluncuran laporan tahunan Ombudsman RI tahun 2023, Kamis (14/03/2024) 
 
Ma'ruf Amin memaparkan hasil penilaian Ombudsman dari tahun 2022 ke 2023 menunjukkan kenaikan.
 
Dari 586 instansi, lebih dari 70%-nya masuk zona hijau, atau mematuhi standar pelayanan publik, pada 2023. Angka ini naik dari sekitar 46% di tahun 2022. 
 
"Indeks Efektivitas Pemerintah tercatat naik, dari 64,76 tahun 2022, menjadi 66,04 tahun 2023, menempatkan Indonesia di urutan ke-73 dari 214 negara" Sambung Ma'ruf
 
Meski demikian, Ia menyoroti laporan masyarakat atas rendahnya kualitas pelayanan publik di daerah yang harus segera ditangani, terutama oleh penyelenggara pelayanan publik. 
 
"Aduan masyarakat yang diterima Ombudsman perwakilan daerah jumlahnya sepuluh kali lipat lebih banyak dari aduan yang diterima Ombudsman pusat"
 
"Oleh karena itu, saya ingin tegaskan bahwa penyelenggara pelayanan publik tidak bisa lagi bekerja biasa-biasa saja. Apalagi kini di tengah persaingan global, peningkatan kualitas pelayanan publik adalah faktor penting untuk menarik investasi dan menciptakan iklim berusaha yang baik" Tutupnya
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih melaporkan bahwa sepanjang 2023 Ombudsman RI menangani 26.461 kasus pelayanan publik yang terdiri dari laporan masyarakat sebanyak 7.392, konsultasi non-laporan 15.348, Respons Cepat Ombudsman (RCO) sebanyak 948, investigasi atas prakarsa sendiri 118, serta tembusan sebanyak 2.655 kasus.
 
"Sepanjang 2023, laporan yang diselesaikan oleh Ombudsman RI sebanyak 7.909 laporan dengan rincian Kantor Pusat menyelesaikan 1.200 laporan dan Kantor Perwakilan menyelesaikan 6.709 laporan masyarakat" Ungkapnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Ma'ruf Amin Gelar Doa Bersama di Hari Ulang Tahun Ke-81

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm