Instrumen pendampingan individu 6 Guru Penggerak bertujuan untuk memetakan kemajuan dan capaian calon Guru Penggerak (CGP) dalam menerapkan pembelajaran berpihak pada murid.
Berikut adalah contoh jawaban instrumen pendampingan individu 6 yang dapat dijadikan panduan oleh CGP.
Program yang Dilaksanakan: CGP menjelaskan program yang telah dijalankan selama 6 bulan terakhir, termasuk program yang terinspirasi dari modul-modul PGP dan program yang diinisiasi secara mandiri.
Dampak pada Diri Guru: CGP menjelaskan dampak positif program terhadap dirinya, seperti peningkatan self-efficacy, kepemimpinan, dan kemampuan pedagogik.
Dampak pada Murid: CGP menjelaskan dampak positif program terhadap murid, seperti peningkatan motivasi belajar, kemandirian, dan hasil belajar.
Keterampilan Pedagogik: CGP menjelaskan keterampilan pedagogik baru yang dikuasai, seperti pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran berbasis proyek, dan asesmen formatif.
Kepemimpinan Pembelajaran: CGP menjelaskan kemampuannya dalam memimpin pembelajaran di sekolah, seperti menjadi coach bagi guru lain, menginisiasi komunitas belajar, dan memimpin pengembangan budaya positif di sekolah.
Kemampuan Sosial Emosional: CGP menjelaskan kemampuannya dalam mengelola emosi diri dan menjalin hubungan yang positif dengan murid, guru, dan orang tua.
Tantangan: CGP menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran berpihak pada murid, seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan dukungan dari pihak lain.
Strategi Mengatasi Tantangan: CGP menjelaskan strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut, seperti kolaborasi dengan guru lain, mencari sumber daya alternatif, dan menjalin komunikasi yang baik dengan pihak terkait.
Instrumen pendampingan individu 6 merupakan kesempatan bagi CGP untuk merefleksikan perjalanannya selama 6 bulan terakhir, mengidentifikasi area yang perlu diperkuat, dan menyusun rencana pengembangan diri.
Pendampingan dari fasilitator dan umpan balik dari berbagai pihak akan membantu CGP untuk terus berkembang dan menjadi pemimpin pembelajaran yang berdampak positif bagi murid dan sekolah.