Sonora.ID - Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024 dibuka hari ini, Sabtu (23/3/2024). Proses rekrutmen terdiri atas 6 tahapan, termasuk tes AKHLAK BUMN.
Dilansir dari website Kementerian BUMN, AKHLAK adalah nilai utama yang dipegang teguh oleh SDM BUMN dan merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.
Penetapan nilai-nilai utama atau core values BUMN ini dibuat dengan tujuan mewujudkan peran-peran BUMN, yaitu:
1. Mesin pertumbuhan ekonomi
2. Akselerator kesejahteraan sosial
3. Penyedia lapangan kerja
4. Penyedia talenta
Tes AKHLAK BUMN akan menguji pemahaman peserta tentang core values BUMN dan implementasinya.
Agar mendapatkan nilai yang tinggi dan lolos ke tahap selanjutnya, peserta dapat mengerjakan contoh tes AKHLAK BUMN 2024.
Berikut ini 40 contoh tes AKHLAK BUMN 2024 sebagai panduan belajar.
Baca Juga: Link, Syarat, dan Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2024
1. Urutan nilai budaya AKHLAK adalah?
A. Adaptif, kolaboratif, harmonis, loyal, adaptif, dan kompeten
B. Amanah, kompeten, harmonis, loyal, agility, dan kolaboratif
C. Amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif
D. Adaptif, kekompakan, harmonis, loyal, agility, dan kerja
Jawaban: C
2. Dimas selalu siap menerima perintah lembur meskipun sering kali tanpa uang lembur. Dalam hal ini, Bambang telah mengimplementasikan tata nilai?
A. Amanah
B. Loyal
C. Kompeten
D. Adaptif
Jawaban: B
3. Perilaku pegawai BUMN harus memiliki nilai-nilai kompeten, yaitu?
A. Menunjukkan komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan
B. Menghargai pendapat setiap orang dari berbagai latar belakang
C. Bersinergi untuk mencapai tujuan bersama
D. Menghasilkan kinerja dan prestasi yang memuaskan
Jawaban: D
4. Sebagain insan BUMN yang ber-AKHLAK, kita harus bisa hidup dan bekerja secara harmonis seperti perilaku-perilaku di bawah ini, kecuali?
A. Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah
B. Menghargai pendapat, ide, atau gagasan orang lain apapun latar belakangnya
C. Berperilaku saling membantu sesama insan organisasi
D. Menciptakan suasana aman dan nyaman di lingkungan kerja
Jawaban: A
5. Pemanfaatan teknologi dalam bekerja di tengah perubahan situasi pola kerja akibat pandemi COVID-19 sesuai dengan penerapan nilai AKHLAK?
A. Harmonis
B. Adaptif
C. Kolaboratif
D. Kompeten
Jawaban: B
6. Dalam menyelesaikan suatu permasalahan, saya biasanya menggunakan cara yang?
A. Lazim digunakan orang lain
B. Cenderung menggunakan pendekatan baru
C. Telah menjadi kebiasaan saya
D. Terlintas di pikiran pada saat ini
Jawaban: B
7. Ketika muncul suatu masalah dan terkait dengan hal-hal yang menjadi kewajiban, saya?
A. Akan bertanggung jawab
B. Mencari orang lain yang menjadi penyebab
C. Mencermati dulu apakah saya terlibat di dalamnya
D. Menjelaskan kronologis kejadian kepada pemimpin
Jawaban: A
8. Jika seorang rekan kerja menyampaikan gagasan yang berbeda dengan gagasan saya padahal gagasan saya jauh lebih berkualitas, saya?
A. Potong bicaranya dengan sopan
B. Potong bicaranya agar tidak membuang waktu saya
C. Mempersilakan bicara sampai selesai
D. Meminta agar menyampaikan langsung ke inti gagasannya
Jawaban: C
9. BEM universitas Anda sedang membuka lomba debat mengenai topik yang Anda sukai. Namun, untuk menjadi peserta, Anda harus membuat kelompok dengan rumpun ilmu yang berbeda. Apa yang Anda lakukan?
A. Mencari lomba debat yang memperbolehkan peserta individu
B. Menanyakan kepada panitia apakah lomba bisa dilakukan secara individu
C. Tetap mendaftarkan diri dan berharap bisa mengikuti lomba
D. Menghubungi teman di fakultas lain untuk mengikuti lomba tersebut
Jawaban: D
10. Saat ini kantor Anda sedang melaksanakan perampingan organisasi sehingga Anda memikul lebih banyak tanggung jawab daripada sebelumnya. Apa yang Anda lakukan?
A. Melaksanakan pekerjaan sesuai skala prioritas
B. Meminta tenaga tambahan kepada atasan Anda karena beban pekerjaan sudah cukup banyak sebelumnya
C. Memberi masukan kepada SDM mengenai perampingan organisasi yang menambah beban pekerjaan sehingga pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik
D. Melaksanakan pekerjaan dengan baik karena menjadi kesempatan untuk Anda bisa mengembangkan diri
Jawaban: D
11. Ketika saya mengetahu ada rekan kerja yang memiliki masalah pribadi yang mengganggu pekerjaannya, saya akan?
A. Berusaha membantu
B. Berusaha tidak terlibat dengan masalah pribadi orang lain
C. Tidak peduli
D. Berusaha mengabaikan
Jawaban: A