Jakarta, Sonora.Id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor parekraf dalam mempersiapkan momentum lebaran 2024.
Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini Mohamad Paham, dalam "The Extended Weekly Brief with Sandi Uno", yang berlangsung secara _hybrid_ di Manhattan Hotel, Jakarta, Senin (1/4/2024) mengatakan, Kemenparekraf sedang mengadakan sebanyak 10 kegiatan Bimbingan Teknis dan Pelatihan di 10 kota di Indonesia, yang ditargetkan melibatkan hingga 980 peserta, dengan periode waktu Maret sampai April 2024.
“Kami telah melaksanakan kegiatan bimtek Green Creative yang membekali teman-teman pelaku usaha tidak saja pengetahuan terkait lingkungan tapi juga bagaimana kita bisa menyiapkan suatu produk pelayanan yang ramah lingkungan dan ramah kepada wisatawan,” kata Martini.
Kemenparekraf juga memperluas sertifikasi kompetensi profesi parekraf, dengan target hingga 840 asesi.
Cakupan bidang sertifikasi ini meliputi Hotel dan Restoran; Kepemanduan Wisata; Kepemanduan; Ekowisata; Kepemanduan Gunung; Kriya Batik; Kuliner (Barista); Fesyen; Fotografi; Seni Pertunjukan.
Kemenparekraf juga melakukan pendampingan kepada masyarakat umum di berbagai daerah agar bisa menjadi tuan rumah yang baik terutama saat kunjungan wisatawan.
“Dan tentu saja kami berharap wisatawan sendiri bertanggung jawab agar menjadi wisatawan yang ketika mudik memperhatikan kenyaman bersama tidak berebut, tidak membuat kegaduhan juga menjaga kebersihan, untuk bisa menjadi Wonderful Indonesia,” kata Martini.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menambahkan, pelatihan lainnya yang diberikan Kemenparekraf adalah pelatihan digital marketing.
“Peserta diberikan pelatihan digital marketing, termasuk _storytelling_ yang juga subsektor ekonomi kreatif,” kata Menparekraf.
The Extended Weekly Brief with Sandi Uno kali ini turut didukung mitra co-branding “Wonderful Indonesia” meliputi The Ascott Limited (Harris Hotel, Yello Hotel, Fox Hotel), Manhattan Hotel, Traveloka, Trans Studio Entertainment, Grab Indonesia, Tokopedia, Taman Impian Jaya Ancol, El Hotel Bandung, Waterbom Bali, dan White Horse.