Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak bagaikan pelita yang menerangi jalan saya dalam memahami peran penting seorang guru di era modern.
Konsep inkuiri apresiatif, prakarsa perubahan, dan tahapan BAGJA membuka mata saya terhadap potensi luar biasa yang dimiliki setiap individu dalam komunitas sekolah, termasuk diri saya sendiri.
Kekuatan Inkuiri Apresiatif: Pendekatan positif dan kolaboratif ini membuka ruang bagi semua pihak untuk menyumbangkan ide dan keahlian mereka dalam menciptakan perubahan positif.
Prakarsa Perubahan sebagai Katalisator Transformasi: Mempelajari tentang prakarsa perubahan memotivasi saya untuk berani mengambil langkah nyata dalam mewujudkan visi bersama.
Tahapan BAGJA: Panduan Menuju Keberhasilan: BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Inisiatif, Gali Mimpi, Atur Strategi, Jalan, dan Evaluasi) menjadi kerangka kerja yang jelas dan efektif untuk mengimplementasikan ide-ide perubahan.
Modul 1.3 memperkuat pemahaman saya tentang peran penting visi dalam kepemimpinan pendidikan. Visi yang jelas dan inspiratif menjadi landasan bagi pengambilan keputusan, pengembangan program sekolah, dan motivasi seluruh pemangku kepentingan.
Keterkaitan dengan Modul Sebelumnya:
Modul 1.1: Visi Guru Penggerak selaras dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang ingin kita tanamkan pada murid-murid.
Modul 1.2: Visi menjadi panduan dalam merumuskan kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada murid.
Implikasi untuk Pembelajaran Selanjutnya:
Modul 1.4: Saya siap untuk mendalami strategi penyusunan visi yang efektif dan inspiratif.
Modul 1.5: Saya akan mengaplikasikan pengetahuan tentang inkuiri apresiatif dan prakarsa perubahan dalam memimpin komunitas belajar di sekolah.
Memulai Diskusi Visi: Mengadakan diskusi awal dengan rekan guru untuk menggali ide dan aspirasi terkait visi sekolah.
Melibatkan Murid: Melakukan kegiatan brainstorming bersama murid untuk mendapatkan perspektif mereka tentang masa depan pendidikan yang ideal.
Membuat Peta Jalan: Menyusun peta jalan yang jelas dan terukur untuk mencapai visi yang telah disepakati bersama.
Rencana Monitoring dan Evaluasi:
Melakukan refleksi berkala: Mengevaluasi kemajuan dalam mewujudkan visi secara berkala dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.
Mengumpulkan umpan balik: Mendapatkan umpan balik dari berbagai pihak, termasuk murid, guru, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya.
Merayakan pencapaian: Mengakui dan merayakan pencapaian bersama untuk menjaga motivasi dan semangat dalam mewujudkan visi.
Bagian 4: Kesimpulan
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak telah membekali saya dengan pengetahuan dan keterampilan yang esensial untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang inspiratif dan transformatif.
Saya berkomitmen untuk menggunakan pengetahuan ini untuk mewujudkan visi sekolah yang berpusat pada murid, berkualitas tinggi, dan berkelanjutan.
Perjalanan ini mungkin penuh dengan tantangan, namun saya yakin dengan semangat kolaborasi dan tekad yang kuat, kita dapat bersama-sama menerangi jalan menuju masa depan pendidikan yang gemilang.